via Samsung

Akhirnya, setelah sekian lama rumornya terus berdatangan, Samsung resmi merilis Galaxy S9 dalam sebuah acara di ajang Mobile World Congress 2018, di Bacelona, Spanyol. Smartphone ini dibekali dengan kemampuan kamera yang lebih baik dari pendahulunya.

Desain Masih Minim Bezel, dengan Tata Letak Kamera Lebih Baik

Secara desain, Galaxy S9 tampil hampir serupa dengan Galaxy S8. Layarnya minim bezel (bezel-less) yang dinamai Infinity Display, dan masih mempunyai lekungan di sisi kiri dan kanan layar smartphone.

Sedangkan dibagian belakangnya, sesuai dengan rumor yang ada, sensor sidik jari Galaxy S9 dipindahkan ke bagian bawah kamera. Tujuannya agar pengguna lebih mudah menggapai sensor ini. Desain yang sama sebelumnya sudah dipakai lebih dulu di Galaxy A8 (2018).

via Samsung

Bahan yang digunakan di Galaxy S9 ini adalah logam, yang juga dilapisi kaca untuk bagian belakangnya. Warna yang tersedia ada Midnight Black, Titanium Gray, Coral Blue, dan Lilac Purple.

Baca Juga:

Layar Sama dengan S8, Hardware Lebih Kencang

Beralih ke hardware yang dimilikinya. Galaxy S9 mempunyai layar dengan ukuran yang tak berbeda dengan Galaxy S8, yakni 5.8 inch dengan teknologi Super AMOLED, resolusi Quad HD+, dan aspek rasio 18:9.

Samsung memilih menggunakan prosesor Octa-core dari Exynos 9810 untuk varian global, dan Snapdragon 845 untuk varian Amerika dan Tiongkok. Kapasitas RAM yang dimilikinya 4GB, memori internal dengan tiga pilihan kapasitas 64GB / 128GB / 256GB, dan dukungan slot microSD hingga 400GB.

via Samsung

Kamera Belakang dengan Dual OIS, Dual Aperture, dan AR Emoji

Seperti yang dikatakan diawal, Galaxy S9 lebih menonjolkan kemampuan kamera yang dimilikinya. Galaxy S9 mempunyai kamera belakang dengan resolusi 12MP, dengan fitur dual OIS, dan punya dua aperture yang berbeda, yakni f/1.5 dan f/2.4.

Penggunaan dua aperatur yang berbeda ini, diklaim Samsung, bisa menghasilkan foto dengan kualitas terbaik dalam kondisi kurang cahaya atau low-light.

via Samsung

Samsung juga menambahkan kemampuan perekaman video super slow-motion 960 fps, lalu Pro Mode untuk mode manual kamera, dan integrasi dengan Bixby yang lebih dalam serta lebih cerdas, misalnya untuk translasi bahasa yang bisa menampilkan terjemahan secara langsung, atau dengan mengarahkannya ke makanan dan akan diberikan info detail terkait makanan tersebut.

Oh iya, ada fitur AR Emoji yang sekilas mirip dengan Animoji di iPhone X. AR Emoji ini menggunakan wajah penggunanya sendiri dengan selfie, lalu di olah dengan machine-learning algorithm untuk menghasilkan 3D avatar dari wajah sendiri. AR Emoji juga bisa dikustomisasi oleh pengguna, dan kompatibel untuk aplikasi yang mendukung Samsung Keyboard, dan bisa dibagikan dalam format GIF atau PNG.

via Samsung

Untuk kamera depannya sendiri, Galaxy S9 menggunakan kamera dengan resolusi 8MP, dengan autofocus, dan aperture f/1.7.

Unlock Layar Lebih Cepat, Tahan Air, Speaker AKG, Pakai Android Oreo

Soal fitur keamanan, Galaxy S9 masih dibekali dengan sensor sidik jari, iris scanner, dan face recognition atau pengenal wajah. Namun di S9 ini, Samsung telah meningkatkannya dengan Intelligent Scan yang memadukan iris scanner dan face recognition, agar layar lebih cepat terbuka, dan bisa digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Tak ketinggalan, Galaxy S9 dibekali dengan fitur tahan air dan debu IP68.

Galaxy S9 mempunyai dua buah speaker stereo dari AKG, ditambah dengan Dolby Atmos yang dipunyanya. Smartphone ini menggunakan OS Android 8.0 Oreo, serta baterai berkapasitas 3000 mAh, dan sudah mendukung pengisian cepat atau fast charging, serta wireless charging.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S9

Harga Rp 11.499.000
Sistem Operasi Android 8.0 Oreo
Dimensi 147.7 x 68.7 x 8.5mm
Berat 163 gram
Layar Super AMOLED 5.8 inch, Quad-HD+, Infinity Display, ratio 18.5:9, dual edge/curve, Gorilla Glass
Prosesor
  • 64-bit, Octa-core Snapdragon 845 (2.7 GHz Quad + 1.7 GHz Quad), Kyro 385, 10nm (versi Amerika Utara dan Tiongkok)
  • 64-bit, Octa-core processor Exynos 9810 (2.8 GHz Quad + 1.7 GHz Quad), 10nm (versi global)
GPU
  • Adreno 630 (versi Snapdragon)
  • 18-core Mali-G72 (versi Exynos)
RAM 4GB
Memori Internal 64GB / 128GB / 256GB
MicroSD Hingga 400GB
Kamera Belakang Super Speed Dual Pixel 12MP, PDAF, dual OIS, dual aperture (f/1.5 dan f/2.4), Autofocus, LED flash, video 4K, video super slow motion 960fps
Kamera Depan 8MP, Autofocus, aperture f/1.7
Fitur Kamera HDR, Geo-tagging, Panorama, Face Detection, Beautify
Koneksi 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, ANT+, USB type-C, NFC, GPS, Galileo, Glonass, BeiDou
Sensor Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor, Proximity sensor, RGB Light sensor
Fitur Lain AR Emoji, Bixby
SIM Dual SIM (hybrid)
Baterai 3000 mAh, support fast charging, wireless charging
Pilihan Warna Midnight Black, Titanium Gray, Coral Blue, dan Lilac Purple

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.