Beli Ponsel Tanpa Audio Jack 3.5mm Merupakan Ide yang Buruk untuk Saat ini

Perkembangan zaman memang tak bisa kita tolak dan untuk dunia smartphone, sudah banyak OEM yang menghilangkan port audiojack 3.5mm di beberapa seri ponsel andalan miliknya sebut saja Apple, Xiaomi, Google, HTC dan yang terbaru yakni Sony.

Memang dengan menghilangkan port audiojack 3.5mm, ponsel bakal jauh lebih ramping dan desainnya pun terlihat jauh lebih menarik, tapi itu untuk seri flagship saja karena sebagaian besar ponsel yang tanpa port audiojack 3.5mm merupakan seri flagship, bukan mid-end ataupun low-end.

Tapi, walaupun kamu tidak memiliki seri ponsel flagship dan kamu penasaran (ingin mencoba) dengan wireless headset pada perangkat kamu, mungkin inilah saat yang tepat untukmu mencoba wireless headset dan membelinya!

Kenapa?

Sebenarnya alasannya simpel, karena DroidPoin yakin jika ke depannya (cepat ataupun lambat) bakal ada lebih banyak OEM yang akan beralih menggunakan wireless headset, walaupun sebenarnya saat ini para OEM sedang menguji headset yang menggunakan USB Type-C, tapi DroidPoin rasa itu masihlah kurang dan jujur saja, saya sendiri kini jadi lebih senang dan lebih nyaman menggunakan wireless headset ketimbang menggunakan headset dengan audiojack 3.5mm. Selain mudah untuk kamu bawa kemana saja, wireless headset juga tidak mengekang kamu ketika menggunakannya!

Untuk harga, sebenarnya bukanlah suatu masalah besar karena harga wireless headset sendiri bervariasi mulai dari yang ratusa ribu rupiah hingga jutaan rupiah dan jika akhirnya kamu memutuskan untuk lebih memilih menggunakan wireless headset, maka kamu tidak akan lagi merasa terkekang (apalagi untuk kamu yang senang berolahraga) dan kabel headset kamu tidak rentan rusak (tertarik ke segala arah), yang mana bisa mengakibatkan suara pada headset yang kamu gunakan terganggu atau bahkan mati sebelah. Sehingga, keawetan dari wireless headset ini layak diacungi jempol walaupun memang harganya sendiri terbilang agak mahal!

Sama seperti headset dengan audiojack 3.5mm, wireless headset pun bisa kamu gunakan di beberpa perangkat termasuk PC dan smartphone, ya asalkan perangkat yang kamu gunakan memiliki NFC atau setidaknya bluetooth.

Kualitas wireless headset sendiri bervariasi, tapi DroidPoin sarankan kamu jangan sembarang mencari dan memilih wireless headset karena “ada harga, ada kualitas” dan juga untuk faktor keselamatan kamu sendiri. Jadi, carilah dari beberapa OEM yang cukup dikenal dibidang audio misalnya Jabra atau samakan saja dengan merek ponsel yang kamu gunakan seperti Sony, Samsung, Xiaomi dan lain-lain.

So, apakah saat ini merupakan saat yang tepat untuk membeli wireless headset? Kalo jawaban saya pasti iya, bagaimana dengan kamu? Silakan berikan pendapat kamu di kolom komentar 🙂

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.