Inilah Cara Mengaktifkan Notifikasi Lalu Lintas di Google Maps Agar Terhindar dari Macet!Hey para bikers! Google Indonesia kini punya fitur baru di Google Maps yang memudahkan para pengendara sepeda motor saat tidak tahu arah jalan. Cara pakainya?

Fitur mode sepeda motor ini akan membuat pengendara motor tidak diarahkan ke jalur untuk mobil, seperti masuk ke jalan tol. Google juga memberikan petunjuk jalan pintas, sehingga rute perjalanan menjadi lebih cepat.

“Fitur ini sudah dikembangkan empat bulan. Melibatkan Google Street View, Local Guide, dan pihak ketiga,” kata Krish Vitaldevara, Group Product Manager Google Maps kepada Detikcom dalam peluncuran di Jakarta.

Selain menghadirkan fitur mode sepeda motor, Google juga bisa mengenali jalan-jalan yang memiliki peraturan ganjil-genap. Sehingga pengguna akan diarahkan ke jalan lain untuk menghindari peraturan.

Untuk menggunakan rute khusus sepeda motor ini, pengguna diharuskan menggunakan Google Maps dengan versi terbaru (9.73.3) di Google Play Store.

  1. Masukan alamat atau daerah yang dituju
  2. Pilih Directions
  3. Pilih mode sepeda motor (ikon sepeda motor)
  4. Pilih Start dan pengguna akan diarahkan ke rute sepeda motor

Sayangnya fitur ini tidak tersedia untuk seluruh kota di Indonesia. Hanya di kota-kota besar saja yang bisa menikmati fitur ini.

“Saat ini baru tersedia di daerah yang banyak pengendara motornya, seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota besar yang banyak motornya,” ungkap Krish.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan fitur sistem ganjil genap di Google Maps, sehingga pengendara akan diarahkan ke jalur yang sesuai saat ganjil-genap tengah diberlakukan.

Untuk menggunakannya, pengguna dengan mode mobil, akan muncul opsi ganjil-genap, dan pengguna diminta untuk memasukan nomor pelat yang digunakan.

“Fitur ini pertama kali kami luncurkan di Indonesia. Rencananya kami akan mengaplikasikan kota-kota lain di dunia,” ujar Krish.

Selain itu, Google kini juga bisa mengenali jalan Car Free Day (CFD). Sehingga, Google tidak mengarahkan pengguna ke jalur yang ditutup karena hari bebas kendaraan, dan menggunakan jalur lain.

Dikatakan Krish, saat ini sudah ada 30 kota di Indonesia yang mendukung fitur CFD di Google Maps.

Sudahkah kamu mencobanya?

via detik

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.