Vivo telah resmi meluncurkan smartphone Vivo V9 di Indonesia, dengan mengunggulkan kemampuan kamera depan, dan fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Tapi kok pakai prosesor rendah?

Ya, Vivo V9 yang dijual di Indonesia ini berbeda dengan di negara-negara lain yang menggunakan prosesor dengan chipset Snapdragon 626. Di Indonesia, Vivo V9 menggunakan prosesor dengan kelas yang di bawah seri 6xx, yakni Snapdragon 450.

Baca Juga: Inilah Harga dan Spesifikasi Vivo V9 di Indonesia

Penggunaan ‘otak’ yang lebih rendah ini cukup membuat kecewa para fans Vivo di Indonesia, terlebih seri sebelumnya yakni Vivo V7 juga menggunakan chipset yang sama.

Kendati demikian, Vivo Indonesia memilih menggunakan Snapdragon 450 pada V9 karena hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya.

“Di Indonesia, hasil riset yang kita dapatkan memang ada di seri 4 (Snapdargon seri 400)”, jawab Fachryansyah Farandy, General Manager Digital and Partnership Vivo dalam konferensi pers usai peluncuran Vivo V9.

Fachry juga menambahkan, bahwa kebutuhan pengguna pada tiap negara ada perbedaan.

“Negara lain dengan Snapdragon yang lebih tinggi, tidak bisa disamakan level kebutuhannya,” jelas Fachry.

 

Selain itu, penggunaan Snapdragon 450 juga langsung berhubungan dengan harga Vivo V9, yang mempengaruhi target pasar smartphone ini. Dijelaskan General Manager Brand and Activation Vivo, Edy Kusuma, target pasar V9 begitu beragam termasuk masyarakat kelas menengah.

Hal inilah yang mendasari Vivo melakukan strategi promo besar-besaran, termasuk menggandeng 12 stasiun televisi untuk menyiarkan langsung acara peluncuran.

“Kenapa ada Via Vallen yang bergenre dangdut, karena itu yang menjadi target kita, dan ke-12 stasiun TV ini mempunyai audience yang berbeda-beda. Kita sebagai perusahaan menjaga seluruh target tersebut”, terang Edy.

Di Indonesia, Vivo diketahui mengajukan dua smartphone untuk mendapatkan sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri. Dalam laman Kementerian Perindustrian, kedua smartphone Vivo tersebut adalah 1724 dan 1727.

Ketika ditanya mengenai salah satu smartphone tersebut mempunyai prosesor yang lebih baik, Vivo enggan memberikan komentar.

Buat kamu calon pembeli Vivo V9, apakah kamu tetap akan membelinya?

via Kompas

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.