Seperti yang kamu tahu, di awal bulan Maret Google resmi mengumumkan bahwa salah satu tools andalan milik mereka yang berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI) yakni Google Lens resmi hadir di update terbaru aplikasi Google Foto.

Buat kamu yang masih belum tahu mengenai apa itu Google Lens dan bagaimana cara mengaktifkannya, ada baiknya kamu cek artikel DroidPoin berikut ini. (Baca: Apa itu Google Lens di Aplikasi Google Foto?)

Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba membahas mengenai berbagai kelebihan pada Google Lens. Buat yang sudah penasaran, berikut adalah detailnya:

1. Mengenal suatu brand / merek lebih detail

Google Lens Search Car
via MUO

Jika kamu secara tidak sengaja mengambil sebuah foto dan terdapat merek / brand yang cukup ternama pada foto yang kamu ambil, maka Google Lens akan coba memberikan informasi mengenai merek / brand tersebut secara detail dan informasi tersebut cukup akurat!

 

2. Temukan produk yang serupa

Google Lens Quote Mug
via MUO

Bukan hanya mampu mengidentifikasi berbagai benda, Google Lens juga kabarnya akan mencari benda / produk yang memiliki tema serupa seperti pada foto yang kamu ambil.

Maka, jika kamu adalah pengkoleksi benda dengan tema yang unik, ada baiknya kamu coba ketahui lebih detail benda milikmu menggunakan aplikasi Google Lens. Siapa tahu saja ada benda serupa yang menarik perhatian kamu.

 

3. Mengidentifikasi benda unik

Google Lens Identify Plants and Buildings
via MUO

Ketika kamu berpergian ke taman bunga atau ketika kamu sedang melakukan travel keliling dunia, maka kamu menemukan benda, makanan, bangunan atau jenis bunga baru yang unik, akan tetapi kamu tidak mengetahui detail mengenai benda atau bangunan tersebut.

Nah, dengan menggunakan aplikasi Google Lens, kamu bisa mengetahui detail dari berbagai benda atau bangunan tersebut dengan mudah, bahkan kamu bisa mengetahui lokasi hingga jam operasional suatu tempat yang sedang kamu tuju.

 

4. Dapatkan informasi dari berbagai dokumen

Google Lens Scan Business Card
via MUO

Kelebihan dari Google Lens yang terakhir adalah kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari berbagai dokumen dengan mudah misalnya saja kontak, alamat hingga nomor telepon.

Bahkan beberapa user mengatakan bahwa ini merupakan cara tercepat dan termudah untuk menyalin informasi dari berbagai dokumen penting ke perangkat yang kamu gunakan.

Nah, itulah gaes beberapa kelebihan dari aplikasi Google Lens yang wajib kamu tahu. Jika kamu punya beberapa tambahan informasi menarik serta kegunaan lain dari aplikasi Google Lens, silakan berikan informasi tersebut di kolom komentar.

  7 Tips Pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.