Cara Update Samsung Galaxy S8 ke Android OreoSetiap pengguna smartphone terutama pengguna Android pasti ingin ponsel Androidnya mampu bertahan selama mungkin, tetapi selalu saja ada batasan yang mengharuskan kamu untuk melakukan upgrade ke smartphone terbaru dalam jangka waktu 1-2 tahun.

Nah, maka dari hal tersebut pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa tips agar ponsel Android kamu yang selanjutnya mendapatkan update Android versi terbaru dan tentu saja hal tersebut akan membuat ponsel Android yang baru saja kamu beli mampu bertahan lebih lama dari biasanya.

Buat yang sudah penasaran, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Beli ponsel flagship yang baru dirilis atau seri flagship tahun kemarin

Tips pertama yang wajib kamu ketahui adalah bahwa setiap seri ponsel flagship pastinya akan mendapatkan update Android jauh lebih lama dibandingkan dengan seri Android mid-end ataupun low-end. Nah, maka dari hal tersebut ada baiknya kamu mengambil seri ponsel flagship daripada harus mengambil seri ponsel low-end ataupun mid-end.

Walaupun harganya memang jauh lebih mahal, tapi kamu akan mendapatkan jaminan update hingga 3 tahun dan jika seandainya kamu tak mampu membeli seri flagship tahun ini (yang baru saja dirilis), maka kamu bisa mencari seri flagship tahun kemarin yang tentu saja sama-sama akan mendapatkan update yang terjamin.

 

2. Ketahui daftar OEM / Manufaktur yang rajin memberi update Android terbaru

Harga dan Spesifikasi Sony Xperia XA2 Ultra
via GSMArena

Jika seandainya kamu tidak bisa mendapatkan ponsel flagship, maka kamu tak perlu khawatir karena masih ada cukup banyak OEM yang rajin memberi update Android versi terbaru ke ponsel Android buatannya. Jadi, ada baiknya kamu sering cek OEM mana saja yang rajin memberikan update Android versi terbaru ke ponsel Android buatannya.

Sejauh yang DroidPoin ketahui, ada beberapa OEM yang rajin dalam merilis update Android versi terbaru ke ponsel miliknya, diantaranya adalah Sony, Samsung, Huawei, Nokia dan tentu saja Google dengan ponsel Pixel, Android One dan Android Go.

 

3. Gunakan ponsel milik / hasil kerjasama dengan Google (Pixel, Android One & Android Go)

via CNet

Tips yang ketiga untuk memastikan bahwa ponsel kamu akan mendapatkan update Android versi terbaru, tentu saja adalah dengan menggunakan ponsel Android milik Google seperti seri Pixel, Android One dan Android Go.

Selain update yang terjamin hingga 3 tahun, ponsel milik Google juga biasanya mendukung berbagai custom ROM yang mana akan memudahkan kamu tetap mendapatkan update Android hingga beberapa tahun ke depan jika suatu saat dukungan update untuk perangkat kamu sudah mencapai batasnya.

 

4. Cari ponsel dengan dukungan custom ROM terbanyak

Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Tips terakhir untuk memastikan ponsel Android kamu tetap mendapatkan update Android versi terbaru, tentu saja adalah dengan menggunakan custom ROM dan maka dari hal tersebut kamu harus mencari tahu ponsel mana saja yang mendapatkan dukungan custom ROM terbanyak.

Sejauh ini, DroidPoin hanya bisa memastikan seri ponsel buatan Xiaomi dan OnePlus yang paling banyak mendapatkan dukungan dari berbagai custom ROM, termasuk juga seri ponsel keluaran Google seperti Nexus dan Pixel.

Nah itulah gaes beberapa tips dari DroidPoin untuk memastikan bahwa ponsel Android kamu yang selanjutnya mendapatkan update Android versi terbaru. Jika kamu punya tambahan tips lainnya, silakan bagikan di kolom komentar.

  7 Tips Pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.