Cukup lama Google tidak merubah tampilan layanan Google Mail atau Gmail pada versi web. Tapi tahun ini, layanan e-mail populer tersebut akan bersolek. Seperti apa tampilan barunya?

Tampilan baru ini sendiri kini tengah diujicoba oleh Google dan sejumlah rekanan Google. Dalam tampilan terbaru Gmail ini, Google akan membuatnya lebih mirip dengan tampilan yang ada di smartphone.

Gmail tampilan baru ini akan memadukan sejumlah elemen yang ada di tampilan Material Design, dan Google Inbox, aplikasi email yang dihadirkan di Android.

Fitur yang akan disediakan juga bertambah, seperti quick reply untuk membalas pesan secara cepat, dan snooze yang bisa menghapus email sementara hingga waktu tertentu, sehingga pengguna menghindari email tertentu dan bisa membalasnya ketika sudah siap.

Ada juga sidebar yang ada di sisi kanan, yang memuat fitur catatan berbasis cloud Google Keep, dan Google Calendar. Pengguna juga bisa membuka email sambil membuka catatan atau daftar agenda secara bersamaan.

Nantinya Google akan membawa tiga model layout, yakni tampilan default yang akan menyoroti adanya lampiran file dalam email, lalu comfortable view yang tidak menyoroti lampiran file, serta compact view yang lebih sederhana dan mirip dengan tampilan Gmail saat ini. Pengguna juga memiliki opsi untuk tidak berpindah pada tata letak yang digunakan.

Rencananya Google akan mulai meluncurkan tampilan Gmail terbaru ini dalam beberapa pekan mendatang. Ada kemungkinan, Google mengumumkannya dalam ajang pertemuan pengembang Google I/O 2018 pada 8 Mei mendatang.

via The Verge

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.