via Digital Trends

Setelah mendapatkan sanksi dari Amerika Serikat dan menghentikan sebagian operasionalnya, bisnis ZTE akan segera diselamatkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. ZTE sudah bisa jualan smartphone lagi?

Pada akun Twitter miliknya, Presiden AS Donald Trump telah bekerjasama dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menyelamatkan ZTE. Trump juga meminta Departemen Perdagangan AS untuk memulihkan situasi.

Alasan Trump menyelamatkan ZTE ini karena akan mempengaruhi para karyawan ZTE di Tiongkok dan menimbulkan pengangguran. Trump pun ingin mengembalikan operasional ZTE seperti sedia kala.

Baca Juga: Dihukum AS, ZTE Hentikan Operasional Bisnis

ZTE sendiri saat ini memiliki sekitar 75 ribu karyawan, dan merupakan pabrikan smartphone nomor 4 di AS.

Menanggapi rencana Trump ini, Tiongkok turut gembira.

Kami sangat mengapresiasi pernyataan positif dari pihak AS pada ZTE dan menjaga komunikasi yang erat dengan mereka tentang masalah ini, ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lu Kang.

ZTE sebelumnya mendapat sanksi dari Amerika Serikat setelah setelah dinyatakan bersalah karena menjual ponsel ZTE secara ilegal ke Korea Utara dan Iran. Kedua negara tersebut kini tengah menjalani sanksi ekonomi dari AS. (Baca: Dihukum AS, ZTE Terancam Dilarang Pakai Android dan Chipset Qualcomm)

Sanksi tersebut meminta kepada seluruh perusahaan AS untuk tidak menjual komponen hardware dan juga software kepada ZTE. ZTE pun kini tidak bisa mendapatkan komponen SoC dari Qualcomm, dan Gorilla Glass yang dibuat Corning, hingga seluruh layanan Google yang ada di Android.

Apa komentar kamu?

via CNN

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.