Sony meruapakan salah satu OEM teknologi yang masih bertahan hingga kini, ya walaupun sebenarnya beberapa sub-brand miliknya mulai lepas satu persatu (misalnya saja Vaio) karena masalah finansial, tapi hal tak menghentikan Sony untuk terus berinovasi di bidang yang digelutinya selama ini.

Nah, kalo ngomongin soal Sony, maka tak lengkap rasanya jika kita tak membahas divisi ponsel miliknya yakni Xperia. Seperti yang kamu tahu, perjalanan divisi ponsel milik Sony itu bagaikan sebuah roller coaster (tahun ini berada di posisi yang baik dan tahun berikutnya berbalik 180º), bahkan dalam beberapa tahun kebelakang banyak rumor yang menyebutkan bahwa divisi ponsel Xperia akan dijual hingga ditutup karena tak mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Tapi untungnya, hingga kini Sony Xperia masih bertahan dan mampu membuktikan bahwa mereka merupakan salah satu OEM Android yang patut untuk diperhitungkan.

Jadi gimana nih, masih adakah yang tertarik dengan Sony Xperia? Jika ada, maka pada kesemptan kali ini DroidPoin akan membahas, kira-kira kenapa sih ponsel Android kamu yang selanjutnya haruslah Sony Xperia? Buat kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa alasan yang akan menjelaskan hal tersebut:

1. Japan Quality

Tsutomu Sato, Direktur Global Product Marketing Sony Mobile

Kalo kamu memutuskan untuk membeli ponsel milik Sony, maka kamu gak perlu ragu deh sama kualitasnya, terutama untuk segi hardware ya gaes. Harus diakui, memang produk buatan Jepang itu salah satu yang terbaik, mau motor, mobil hingga gadget,  semuanya punya kulitas tersendiri, begitu pun ponsel buatan Sony.

Coba kamu perhatikan, bagaimana build quality dari ponsel tersebut atau hardware yang Sony tanamkan pada ponsel Xperia,  semuanya selalu diberikan yang terbaik. Namun sayangnya, ada dua masalah yang dari dulu selalu menghantui Sony yakni after sales yang buruk dan software yang tak maksimal.

 

2. Salah Satu Pemberi Inovasi

Xperia Touch: Smart Projector dengan OS Android

Selain Nokia, Apple dan Samsung, Sony merupakan salah satu OEM yang sering memberikan terobosan baru. Misalnya saja ketika beberapa OEM Android masih stuck di resolusi layar Full HD dan QHD, Sony dengan berani mengumumkan bahwa mereka baru saja merilis seri Xperia Z5 Premium yang hadir dengan layar beresolusi 4K.

Selain itu, ketika merilis seri ponsel baru yakni Xperia XZ Premium, lagi-lagi Sony mengumumkan sesuatu yang menarik yaitu video super slow motion yang mana mampu mengambil 960fps.

 

3. Tunggu Setahun, Harga Pasti Turun (Jatuh)!

Update Android Oreo untuk Xperia XZ Premium Resmi Tersedia

Kalau kamu berniat membeli ponsel Sony, coba tunggu satu tahun setelah ponsel tersebut dirilis, pasti harga ponsel yang kamu inginkan sudah turun dan turunnya itu jatuh banget!

Coba kamu bayangkan, Xperia XZ Premium yang tadinya dibanderol dengan harga hampir 10 juta, hanya dalam waktu setahun ponsel tersebut sudah berada direntang harga 5 jutaan, jadi harga ponsel tersebut turun hingga 40% lebih dari saat pertama kali dijual di pasaran!

 

4. Desain Anti Mainstream

via Sony Mobile

Sama seperti Samsung dan Motorola, Sony masih mempertahan desain ponsel buatannya hingga sekarang, jadi setiap ponsel yang dirilis oleh Sony merupakan desain original dan terkadang desain ponsel buatan Sony itu sedikit nyeleneh yang mana bisa membuat orang geleng-geleng kepala, contoh paling nyata adalah desain dari seri Xperia XZ2 dan XZ2 Premium.

 

5. Jaminan Update Android Terbaru

Update Nougat untuk Sony Xperia XA dan XA Ultra Resmi Tersedia di Asia Tenggara — Termasuk Indonesia!

Untuk urusan update Android versi terbaru, kamu tampaknya tak perlu khawatir. Pasalnya, Sony selalu memberikan update setidaknya satu kali untuk ponsel budget dan mid-end, sedangkan untuk seri flagship kamu akan mendapatkan update sebanyak dua kali plus ada kemungkinan untuk mengikuti Android Beta yang mana bisa mencicipi versi terbaru dari Android yang akan dirilis setiap tahunnya.

Menariknya, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, update Android terbaru yang dirilis oleh Sony sangatlah cepat, sehingga menjadikan Sony sebagai salah satu OEM non-Google (bingun mau namain apa, pokoknya maksud dari DroidPoin adalah bagian dari program kerja sama antara Google dengan OEM Android seperti Android One atau Android Go) yang merilis update Android terbaru paling cepat.

Nah, itulah gaes beberapa alasan kenapa ponsel Androidmu yang selanjutnya haruslah Sony Xperia. Jika kamu punya alasan tambahan, silakan bagikan alasan tersebut di kolom komentar. 🙂

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.