Augmented Reality kini mulai digandrungi banyak kalangan. Kalau Apple punya ARKit, Google memiliki ARCore yang bisa digunakan dibeberapa smartphone Android. HMD Global selaku pemegang lisensi brand Nokia mengumumkan smartphone Nokia yang mendapatkannya.

Diungkapkan oleh Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas, dukungan ARCore kini tersedia bagi pengguna Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, dan Nokia 6.1 alias Nokia 6 (2018).

Meski awalnya sempat belum tergabung dalam list smartphone yang mendukung ARCore, Juho mengatakan, Nokia 8 juga akan mendukung ARCore dalam bentuk update pada nantinya. Tapi Juho tak merinci, kapan pastinya Nokia 8 mendapat dukungan ARCore ini.

Nokia 8 Sirocco, Nokia 7 Plus, dan Nokia 6.1 sendiri ialah smartphone Nokia yang diluncurkan Februari 2018 lalu, sedangkan Nokia 8 dirilis pada Agustus 2017. Nokia 8 dibekali layar 5,3 inch beresolusi 2K, prosesor Snapdragon 835, RAM 4GB, memori 64GB, serta dukungan slot microSD.

Kamera belakangnya sendiri sudah dual camera dengan resolusi 13MP. Resolusi yang sama juga dimiliki di kamera depannya.

ARCore merupakan pengembangan lanjutan dari Google Tango yang gagal karena membutuhkan hardware khusus dan minimnya perangkat yang tersedia. Di ARCore, Google kini tidak begitu memerlukan hardware khusus untuk menjalankan Augmented Reality.

Manfaat dengan adanya ARCore ini, kamu bisa menggunakan aplikasi berbasis Augmented Reality dan berbagai permainan yang menggunakan Augmented Reality sehingga nampak nyata dari layar smartphone.

Smartphone Android lain yang mendukung ARCore bisa kamu lihat di laman ini.

via NPU

  Hape 10GB RAM Buat Apa..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.