Pada akhir tahun 2014 lalu Nokia merilis Z Launcher bersamaan dengan tablet Android Nokia N1 yang hanya dirilis di China. Z Launcher merupakan launcher yang unik, intuitif dan simpel. Kamu juga bisa bisa menulis huruf di halaman awal untuk memunculkan aplikasi yang akan kamu gunakan. Tidak perlu tulisan yang bagus atau menulis semua namanya, cukup satu huruf dan launcher akan otomatis memunculkan aplikasi yang mengandung huruf tersebut.

Akan tetapi Nokia memutuskan untuk mengakhiri pengembangan launcher ini. Z Launcher terakhir kali mendapatkan update adalah pada pertengahan tahun 2016 dan sejak itu aplikasi ini terabaikan. Awal tahun 2018 lalu saya masih menemukan aplikasi ini di Play Store dan sempat menggunakannya selama beberapa minggu. Hasilnya secara mengejutkan saya menikmati launcher ini.

Saat ini Nokia (HMD) lebih fokus dengan seri Android One yang memakai launcher bawaan dari AOSP. Bukan hal yang buruk hanya saja sangat disayangkan karena Z launcher yang unik harus tutup usia. Tetapi jika kamu masih penasaran dan bersikeras untuk mencoba launcher ini, kamu bisa mengunduhnya melalui APK Mirror pada link berikut [Klik Disini].

  7 Tips Pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.