Di artikel ini DroidPoin akan berbagi 7 tips terbaik buat kamu pengguna ASUS ZenFone Max Pro M1, biar smartphone kamu jadi lebih keren lagi! (Baca juga: Review Jujur ASUS ZenFone Max Pro M1 4GB)

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja tonton video tips terbaik ASUS ZenFone Max Pro M1 berikut ini:

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info menarik seputar teknologi setiap hari.

Beli ASUS ZenFone Max Pro M1 (Varian 3GB RAM | Varian 4GB RAM)


Bagi kamu yang lebih suka membaca daripada menonton video tips ASUS ZenFone Max Pro M1 diatas, berikut ini DroidPoin sertakan panduannya dalam format artikel.

Tips 1: Gesture Navigasi ala OnePlus

Tips pertama, kita akan membuat ZenFone Max Pro M1 punya full view experience dengan layar penuh tanpa navbar — yang digantikan navigasi gesture seperti di OnePlus 5T atau OnePlus 6.

ZenFone Max Pro M1 ini sudah punya layar full view. Tapi sayangnya tidak memiliki fitur Gesture navigasi bawaan, dan hanya ada bar navigasi saja. Padahal kalo sudah terbiasa, navigasi gesture ini enak banget. Saya sudah biasa menggunakan gesture navigasi di OnePlus 5T — dan Android P juga bakal kebagian fitur navigasi gesture ini.

Di Zenfone Max Pro M1, kamu bisa menghadirkan navigasi gesture melalui aplikasi XDA Navigation Gestures.

Install saja dari Play Store, kemudian beri akses yang diminta. Untuk menyembunyikan navbar default, kamu wajib beri akses melalui ADB. Tenang saja ini tidak memutuskan garansi dan tidak beresiko.

Caranya aktifkan developer mode dengan buka Settings > System > About Phone > tap Build number beberapa kali sampai Developer mode aktif.

Lalu back > buka Developer options > dan aktifkan USB debugging.

Setelah itu pastikan kamu sudah install ADB di PC, dan hubungkan ASUS ZenFone Max Pro M1 ke PC tersebut, pilih opsi Transfer File.

Buka Command Prompt as Admin, lalu browse ke folder ADB dengan mengetikkan CD diikuti path folder tempat file ADB berada, contoh:

cd C:\adb\platform-tools

Setelah itu jalankan command:

adb devices

Tap konfirmasi di smartphone kalau muncul, begitu sudah terhubung ke ADB, saatnya memberikan permission dengan menjalankan command

adb shell pm grant com.xda.nobar android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS

Begitu selesai maka kamu sudah bisa mengatur opsi di aplikasi XDA Navigation Gesture. Pastikan dua opsi utama, yaitu Enable Gesture Pill dan Hide Navigation Bar kamu aktifkan.

Gesture navigasi ini fleksibel banget, kamu bisa atur agar gesture navigasinya mirip seperti di iPhone X, Android P, atau smartphone lainnya. Tapi karena saya biasa menggunakan OnePlus — yang menurut saya gesture navigasinya enak dan simple, maka saya mengaturnya agar memiliki gesture seperti OnePlus.

Caranya tinggal buka aja Settings > Gesture > dan aktifkan Split Pill.

Dengan begini ASUS ZenFone Max Pro M1 punya experience Gesture yang sangat mirip dengan OnePlus, kamu tinggal swipe tengah keatas dan tahan, recent app akan terbuka.

Lalu Swipe tengah keatas untuk menuju ke home. Dan swipe kiri atau kanan keatas untuk back.

Saya jamin kalau sudah terbiasa, navigasi gesture ini nyaman dan enak banget — lebih enak dibandingkan menggunakan tombol navbar.

Tips 2: Double Tap Gesture

Tips kedua, adalah mengaktifkan gesture ZenMotion seperti Double-tap to wake up dan Double tap to turn off screen.

Caranya kamu tinggal buka aja Settings > System > Gestures > ZenMotion > atur ke posisi on > dan aktifkan Double tap to turn off screen dan Double tap to wake up.

Dengan begini kamu tidak perlu sering-sering tekan tombol power, cukup tap dua kali untuk mematikan layar dan tap lagi dua kali untuk mengaktifkannya.

Tips 3: Matikan Aplikasi Babe

Tips ketiga, matikan Babe — kecuali kalau kamu memang suka baca berita disana dan nggak masalah dapat bombardir notif artikel yang judulnya terbilang lebay.

Di ZenFone Max Pro M1, aplikasi Babe disertakan pre-install, sebenarnya kamu bisa uninstall dengan mudah melalui ADB, tapi jauh lebih mudah mematikannya saja langsung melalui Settings > Apps & Notifications > Babe > Force Stop dan Disable.

Dengan begini tidak akan ada lagi notifikasi yang menggoda kamu untuk membaca berita-berita yang terkadang lebay banget.

Tips 4: Redeem 100GB Google Drive

Tips keempat, pastikan kamu redeem bonus 100GB Google Drive yang disertakan ASUS di ZenFone Max Pro M1. Karena lumayan banget bisa punya extra storage untuk backup data dan upload foto selama setahun penuh. Sayang banget kalo sampe dilewatkan. Opsi redeem ini bisa kamu dapatkan di temui di awal setup ZenFone Max Pro M1.

Tips 5: Shortcut Kamera Instan!

Tipe kelima, kalau tiba-tiba mendapati momen penting untuk difoto, tidak perlu repot-repot membuka kunci smartphone dan mengakses kamera, kamu cukup tekan saja dua kali tombol power dengan cepat, dan kamera bakal langsung terbuka siap untuk digunakan.

Tips 6: Screen Pinning

Tips keenam, ini cocok banget buat kamu yang punya adik atau orang tua yang udah punya anak. Jadi kalo anak pengen ngebuka game atau aplikasi gambar misalnya, maka aplikasi tersebut bisa di pin di layar, sehingga anak nggak bisa beralih ke aplikasi lain selain menggunakan aplikasi yang sudah di pin tadi.

Screen Pinning bisa kamu aktifkan di Settings > Security & Location > Screen pinning > ubah ke opsi ON.

Dengan begini untuk pin aplikasi kamu tinggal buka Recent Apps, dan pilih aplikasi yang ingin di pin dengan tap icon Pin ini.

Tapi JANGAN aktifkan fitur ini kalo kamu pake gesture navigasi, karena untuk unpin screen diperlukan tap tombol recent app dan back secara bersamaan.

7. Night Light

Tips ketujuh, ZenFone Max Pro M1 punya fitur night light, yang bisa otomatis mengurangi cahaya biru layar saat malam hari — ini penting buat kesehatan, dan fitur ini bisa kamu aktifkan di Settings > Display > Night Light > atur saja ke posisi On

Kamu bisa atur intensitasnya, serta bisa mengatur jadwal otomatis aktif dan nonaktifnya night light.

Alternatifnya, kalau kamu tidak begitu suka dengan perubahan warna layar melalui fitur night light, kamu bisa atur saja screen color secara manual di pengaturan Display > Screen Color.

Disini kamu bisa mengatur kesan warna layar jadi warm atau cool sesuai dengan tingkat kenyamanan yang kamu inginkan.

Nah itulah 7 tips pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1 yang layak untuk kamu coba.

Saya sendiri jadi jauh lebih nyaman menggunakan smartphone ini, terutama setelah mengubah navbar dengan gesture navigasi. Layar jadi lebih luas dan navigasi lebih mudah.

Tulis di kolom komentar tips mana yang jadi favorit kamu, dan silakan saja sampaikan kalo kamu punya tips menarik lainnya.