via Qualcomm

Saat perilisan Android 9.0 Pie berlangsung pada tanggal 8 Agustus lalu, ternyata Qualcomm sedang mengadakan sebuah event dan pada event tersebut mereka memperkenalkan seri prosesor terbaru untuk kelas mid-end yakni Qualcomm Snapdragon 670.

Snapdragon 670 merupakan prosesor untuk kelas mid-end di tahun ini, menggantikan pendahulunya yakni seri Snapdragon 660. Di atas kertas, Qualcomm meyakini jika performa Snapdragon 670 jauh lebih baik dari pendahulunya, bahkan mereka mengklaim bahwa Snapdragon 670 ini punya performa yang beda tipis jika dibandingkan dengan Snapdragon 710 (walaupun seri 710 lebih superior tentunya).

via Qualcomm

Dari segi performa, Qualcomm Snapdragon 670 terdiri atas dua inti CPU yakni Kyro 360 (Cortex-A75) yang berkecepatan tinggi dengan frekuensi hingga 2.0 GHz, serta ada juga enam core CPU Cortex-A55 1,7 GHz yang hemat daya. Mereka mengkalim bahwa hal tersebut membuat Snapdragon 670 lebih powerfull 15% dibandingkan Snapdragon 660.

Selain itu, Snapdragon 670 juga sudah menggunakan GPU Adreno 615 (satu step dibawah Snapdragon 710 yang menggunakan Adreno 616) yang mana diklaim punya kecepatan olah grafis jauh lebih opitmal hingga 25% dengan penggunaan daya yang justru 30% jauh lebih irit dibandingkan seri Snapdragon 660.

via Qualcomm

Selanjutnya masuk pada sektor kamera, peningkatan paling terasa adalah hadirnya Qualcomm Spectra 250 ISP yang mana mampu menerapkan resolusi kamera (maksimal) hingga 25MP untuk single kamera dan 16MP untuk dual camera. User juga kabarnya mampu merekam video dengan resolusi Ultra HD jika smartphone mereka menggunakna prosesor ini, plus dukungan fitur berupa noise reduction dan image stabilization. Lalu ada juga modem LTE X12 dengan kecepatan downlink hingga 600 Mbps dan uplink 150 Mbps.

via Qualcomm

Sektor AI tak luput dari pengamatan Qualcomm, berdasarkan data yang diberikan oleh Qualcomm, Snapdragon 670 ini menawarkan kinerja Ai hingga 1,8x lebih tinggi dibandingkan sebelummya. Pengguna juga dapat mengharapkan respons AI yang jauh lebih responsive dari sebelumnya, serta peningkatan pada privasi dan meningkatkan keandalan baik itu pada performa, kamera dan yang lainnya, bahkan ketika perangkat tidak memiliki koneksi jaringan sekalipun.

Sayang, hingga saat ini belum ada infromasi mengenai perangkat mana yang akan menjajal Snapdragon 670 untuk pertama kali. Tapi sepertinya, kita tak perlu menunggu hal tersebut terlalu lama karena pada akhir tahun nanti pasti akan ada banyak perangkat Android baru yang diperkenalkan dan kemungkinan besar salah satu perangkat tersebut akan menggunakna prosesor ini.

So, untuk informasi yang lebih lengkap terkait hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan nantikan informasi lengkapnya haya di DroidPoin. 😃

via Qualcomm

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.