Google telah resmi merilis Android Pie 3 minggu lalu. Google juga telah merilis source code dari Android Pie 2 minggu lalu. nah di minggu-minggu inilah custom ROM hasil buatan komunitas mulai bermunculan. Berkat custom ROM ini kamu bisa menikmati Android Pie lebih awal tanpa menunggu update resmi yang tak jelas kapan datangnya.

Custom ROM ini dibangun berdasarkan AOSP atau pure Android. Jadi kamu bisa menikmati berbagai fitur baru Android P tanpa ada yang dikurangi (kecuali navbar untuk smartphone yang memakai tombol navigasi fisik). Berikut adalah daftar Smartphone yang sudah mendapatkan custom ROM Android Pie 9.0:

Asus

Google

Honor

Huawei

  • Huawei Mate 10 Pro (AOSP)
  • Huawei Nova 2i (AOSP)
  • Huawei P20 Pro (AOSP)
  • Huawei P8 Lite 2017 (AOSP)

Lenovo

Motorola

One Plus

Samsung

Sony

Xiaomi

ZTE

Pastikan kamu memilih smartphone yang tepat dan ikuti instruksi dengan seksama. Pada dasarnya cara instal custom ROM itu sama, tapi ada beberapa ROM yang langkahnya berbeda. Misalnya di ROM Pixel Experience kamu tidak perlu lagi menginstall Gapps.

Custom ROM diatas diambil dari komunitas di XDA. Jika kamu memiliki link custom ROM untuk smartphone yang tidak masuk dalam daftar, jangan lupa bagikan disini ya!

sumber XDA

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.