Ada alasan kenapa Poco F1 punya specs flagship tapi harganya bisa lebih murah. Menghadirkan specs flagship dengan harga setengahnya, artinya mengorbankan beberapa fitur flagship untuk menurunkan harga. Sudah seminggu saya pake Poco F1 sebagai smarpthone utama, dan di video ini saya bakal jelaskan 8 fitur flagship yang tidak dimiliki Pocophone F1.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info teknologi terbaru setiap hari.

Beli Pocophone F1

1. Layar AMOLED

Fitur flagship pertama yang tidak dimiliki Pocophone F1 adalah layar AMOLED. Smartphone ini masih pake IPS LCD dengan resolusi FHD+. Bandingkan dengan OnePlus 6 yang sudah pake Optic AMOLED — atau Galaxy Note 9 dengan Super AMOLED.

Absennya AMOLED ini punya dampak besar terhadap murahnya harga Pocophone F1.

Gorilla Glass 5

Fitur kedua, masih berhubungan dengan layar. Layar mayoritas flagship tahun ini sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5 — bahkan Oppo F9 sudah menggunakan Gorilla Glass 6, tetapi Pocophone F1 memangkas budget dengan hanya memakai Gorilla Glass 3 yang sudah lawas. Hasilnya memang tetap tahan goresan, tapi tentu tidak sekuat layar flagship lain yang sudah pake Gorilla Glass 5.

NFC

Fitur flagship ketiga yang tidak dimiliki Poco F1 adalah NFC. Mayoritas flagship punya NFC, tapi Poco F1 tidak. Jadi kamu gak bisa pake berbagai layanan yang membutuhkan NFC seperti transaksi pake Tcash tanpa sticker, transfer file via NFC, atau sekedar cek saldo e-money.

OIS di Kamera

Fitur flagship keempat yang tidak dimiliki Poco F1 adalah OIS di kamera, atau optical image stabilization. Mayoritas smartphone flagship punya OIS ini sehingga hasil rekaman video jadi lebih stabil. Sedangkan Poco F1 kamera belakangnya hanya dilengkapi EIS — jadi bukan optical melainkan Electronic.

Selain itu EIS di Poco F1 cuman ada di kamera belakang, sedangkan kamera depan tanpa OIS dan EIS, jadi ya hasil rekaman selfie tentu tidak stabil.

60 FPS

Fitur flagship kelima yang gak ada di Poco F1 adalah rekaman video 60fps. Mayoritas flagship bisa merekam video 60fps, tetapi Pocophone F1 cuman 30fps. Ini sayang banget padahal video 60fps bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, saya biasa pake untuk efek panning saat rekam pake gimbal.

Dan selain itu video slow mo nya juga cuman mentok di 240fps, sedangkan flagship rata-rata bisa rekam slow mo 480fps — bahkan Galaxy Note 9 bisa merekam sampai di 960fps HD.

Build Quality

Fitur flagship keenam yang gak ada di Poco F1 adalah kemewahan. Body Poco F1 ini berbahan polycarbonate, dan meskipun sudah dipoles dengan sangat baik oleh Poco hingga tampak seperti metal — tapi tetap tidak bisa mengalahkan kemewahan glass atau metal sesungguhnya yang biasa dipakai oleh mayoritas flagship.

Wireless Charging

Fitur flagship ketujuh yang tidak ada di Pocophone F1 adalah wireless charging. Smartphone ini sudah hadir dengan Quick Charge 3 — tapi tidak dengan wireless charging seperti di banyak flagship saat ini.

Tahan Air

Fitur flagship kedelapan yang absen di Pocophone F1 adalah tahan air. Beberapa flagship sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP67 atau IP68, tetapi Poco F1 tidak. Jadi Pocophone F1 ini tidak anti air, jadi lebih berhati-hati saat hujan dan jangan sembarangan dibawa ke air ya.

Delapan hal itulah yang membuat harga Pocophone F1 bisa ditekan semurah mungkin, dengan tetap menghadirkan spesifikasi flagship seperti Snapdragon 845, 6GB RAM, Infrared Face Recognition, serta kamera dengan sensor yang lumayan besar.

Absennya banyak fitur flagship diatas tidak bisa juga disebut sebagai kekurangan, karena ini merupakan bagian dari pepatah tua — ada harga ada rupa — selalu ada hal yang harus dikorbankan untuk harga yang lebih murah.

Satu hal yang pasti, Pocophone F1 ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin smartphone dengan spesifikasi flagship, tetapi punya budget minim dan tidak masalah dengan absennya berbagai fitur flagship diatas.

Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pertanyaan seputar Pocophone F1, dan kedepannya bakal banyak tips seputar Poco F1 yang dirilis di DroidPoin.com. Jadi stay tuned aja!