Seperti biasanya, Google selalu merilis data statistik jumlah pengguna Android pada tiap versi setiap awal bulan. Dalam statistik terbaru ini, Android Nougat masih menjadi yang teratas. Tapi ada yang mengejutkan kali ini.

Di statistik terbaru yang dihimpun Google hingga 31 Agustus 2018, jumlah pengguna Android 7.0 dan 7.1 Nougat yang jika digabung, mencapai 30.8 persen dan masih menduduki posisi teratas.

Sedangkan di tempat kedua ada Android 6.0 Marshmallow dengan jumlah pengguna sebanyak 22.7 persen. Android 5.0 dan 5.1 Lollipop masih digunakan sebanyak 19.2 persen pengguna, dan ada di peringkat ketiga.

Namun, walau sudah diluncurkan sejak setahun lalu, Android Oreo belum mampu menggeser Android yang lawas. Android Oreo baru digunakan sebanyak 14.6 persen pengguna Android. Meski demikian, jumlah pengguna Android Oreo terus mengalami kenaikan.

Semakin lawas versi Android, semakin sedikit pula jumlah penggunanya. Tapi yang cukup mengejutkan adalah adanya kenaikan 0.1 persen menjadi 0,3 persen pengguna yang menggunakan Android 2.3 Gingerbread. Sebelumnya versi Android yang dirilis 2010 ini tersisia 0.2 persen pengguna saja.

Tapi dalam tabel distribusi ini, belum ada Android 9.0 Pie yang menjadi versi teranyar Android.

Hal seperti ini memang menjadi masalah klasik di Android karena fragmentasi yang ada. Google tak tinggal diam, Google kini telah berbenah dengan adanya Project Treble yang mulai ada di Android 8.x Oreo yang bisa membuat perilisan update menjadi lebih cepat bagi berbagai perangkat Android.

Kalau kamu, pakai Android versi manakah?

via Android Developers

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.