Huawai merupakan salah satu dari sedikit perusahaan yang berani untuk memproduksi chipsetnya sendiri. Meskipun bukan yang terbaik, chipset buatan Huawei masih bisa bersaing di garis depan. Namun baru-baru ini Huawei membuat pernyataan bahwa chipset terbaru mereka, Kirin 980, akan mengalahkan chipset A12 Bionic milik Apple.

Kirin 980 diperkenalkan pada event IFA 2018 di Berlin sebagai chipset pertama yang menggunakan teknologi 7nm. Meskipun demikian, A12 yang juga memakai teknologi yang sama lebih dulu masuk ke pasar dan bisa digunakan oleh konsumen umum melalui iPhone XS dan XS Max. Kirin 980 dan A12 sama-sama menggunakan 7 miliar transistor, akan tetapi chipset Apple memiliki sejarah lebih teroptimasi daripada Kirin.

Pernyataan Huawei bahwa chipsetnya lebih cepat dari Apple dianggap tidak realistis oleh banyak pihak. Hal tersebut dikarenakan tahun 2017, saat mengumumkan Kirin 970, Huawei membuat pernyataan yang sama. Kenyataannya Kirin 970 hanya setara dengan Snapdragon 835 dan kalah jauh dibanding A11 Bionic. Padahal tahun ini A12 Bionic mencapai skor 11.515, mengalahkan A11 yang mendapat skor 10.357. Selain itu Huawei memiliki catatan hitam, karena Huawei baru saja tertangkap basah mencurangi nilai benchmark dalam uji performa P20.

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu percaya Kirin 980 akan mengalahkan A12 Bionic? Bagikan pendapatmu disini ya!

via Android Headline

  Poco F1 vs Mi 6x vs Huawei Nova 3i  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.