Tahun 2012 lalu, smartphone Android dengan RAM 512MB masih sangat bisa diterima. Lima tahun berselang, standar minimal RAM di Android agar bisa digunakan dengan normal telah menjadi 2-3GB, sedangkan agar bisa digunakan untuk pengguna berat setidaknya 4GB, namun jika ingin menyaingi iPhone, minimal harus 6GB. Sekarang Oppo berencana akan merilis varian Find X dengan RAM 10GB!

Resmi Dirilis, Inilah Harga dan Spesifikasi Oppo Find X
via Uncrate

Angka 10GB terlihat sangat overkill untuk sistem operasi Android. Sebagai perbandingan rata-rata laptop gaming di harga 10-15 juta rata-rata menggunakan RAM 4/8GB. Samsung Note 9 dengan varian RAM 8GB dijual seharga 15 juta, sedangkan Find X dengan RAM 8GB dijual 13,5 juta. Mungkin varian RAM 10GB Find X ini akan dijual di kisaran 15-16 juta rupiah.

Entah apa yang ada di benak Oppo sehingga mereka memutuskan menggunakan RAM sebesar ini. Menurut pendapat saya pribadi, daripada memperbesar RAM lebih baik mengganti skin berat ColorOS (iOS wannabe) dengan skin yang ringan seperti OxygenOS milik OnePlus atau stock Android. Kalaupun demi update Android di masa depan….. Melihat track recordnya Oppo rasanya tidak mungkin.

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.