Samsung memang terkenal lambat dalam pendistribusian update Android versi terbaru ke perangkatnya, biasanya update tersebut baru dimulai setiap awal tahun baru. Tapi di Android 8.0 Oreo, Google memperkenalkan Project Treble yang mana memungkinkan update Android versi terbaru dapat didistribusikan lebih cepat dari berbagai vendor, karena setiap vendor dapat melakukan update Android pada perangkatnya tanpa perlu merubah atau memperbarui VI “Vendor Interface” yang sudah terbentuk dalam OS Android sebelumnya, cukup lakukan tes kompatibilitas dan VTS bakal mengubah VI sesuai dengan OS Android Baru. (Baca: Project Treble di Android Oreo Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!

Tapi benarkah demikian?

Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar (khusus untuk Samsung), karena berdasarkan informasi dari salah satu member di Sammobile yang kabarnya mendapatkan informasi dari Samsung Perancis, ia menyebutkan bahwa setidaknya update Android 9.0 Pie untuk perangkat Samsung baru akan kita temui pada awal tahun 2019 mendatang!

via Sammobile

Memang belum ada konfirmasi resmi dari pihak Samsung terkait hal ini, jadi jangan terlalu yakin dengan info yang satu ini. Bisa saja, Samsung merilisa update tersebut dalam waktu beberapa minggu ke depan.

Selain waktu perilisan, ia juga menambahkan bahwa ada beberapa fitur baru yang akan kamu temui pada update Android 9.0 Pie, misalnya saja:

  • Untuk user yang menggunakan “swipe to type”, spasi akan ditambahkan secara otomatis setelah angka (sudah diterapkan di Galaxy S9 dan Note9)
  • SIM kedua dari Galaxy Note8 Duos akan mendukung VoLTE/VoWiFi
  • Ponsel akan mampu membaca (kontak) siapa yang memangilmu atau menyebutkan nomornya
  • Akan ada beberapa fitur baru di voice recorder dan gallery

Nah, itulah prediksi waktu perilisan dari update Android 9.0 Pie untuk perangkat Samsung serta beberapa bocoran fitur baru yang akan kamu temui. Lalu, bagaimana pendapat kamu mengenai hal ini? Silakan bagikan di kolom komentar.

via Sammobile

  Poco F1 vs Mi 6x vs Huawei Nova 3i  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.