Disaat berbagai OEM berlomba-lomba menciptakan desian ponsel baru dengan tema full screeen, Samsung justru mempersiapkan sebuah senjata baru untuk smartphone miliknya. Yups, kabarnya Samsung bakal merilis smartphone dengan penyimpanan tercepat yang mana sudah menggunakan UFS 3.0 serta RAM LPDDR5 RAM!

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, UFS (Universal Flash Storage) 3.0 merupakan generasi penyimpanan terbaru yang tengah dipersiapkan oleh Samsung untuk tahun 2019 mendatang. UFS 3.0 ini kabarnya akan menggantikan UFS 2.1 yang diperkenalkan pada tahun 2015 dan saat ini penyimapan dengan UFS 2.1 sering kita temui di seri ponsel flagship.

via Android Central

Gelombang pertama dari UFS 3.0 akan hadir dalam tiga varian: 128GB, 256GB dan 512GB, sedangkan untuk opsi 1TB diperkirakan baru akan hadir pada tahun 2021 nanti. Ini berarti bahwa kita akan segera mengucapkan “selamat tinggal” pada ponsel flagship dengan penyimpanan 64GB, yang mana saat ini pun sudah cukup jarang kita temui. Di sisi lain, hal tersebut bisa dijadikan alasan bagi OEM untuk menaikkan harga smartphone mereka.

Sejauh ini, belum ada informasi detail terkait penyimpanan UFS 3.0, tapi DroidPoin meyakini bahwa penyimpanan tersebut punya write dan read speed yang jauh lebih kencang dibandingkan UFS 2.1, tentu saja hal tersebut akan sangat membantu kamu ketika merekam video dalam format 4K dalam waktu yang cukup lama, karena UFS 3.0 diyakini punya kecepatan yang jauh lebih tinggi dan stabil.

via Android Central

Selanjutnya adalah LPDDR5 RAM, kabarnya memori DDR5 buatan Samsung tersebut akan memiliki bandwidth maksimum mulai dari 44GB/s hingga 51.2GB/s (saat ini sekitar 25GB/s), peningkatan yang sangat signifikan tentunya karena dua kali jauh lebih cepat dibandingkan saat ini. Sementara pada saat yang sama, memori DDR5 Samsung juga kabarnya membuat smartphone kamu akan lebih hemat daya sekitar 20%. Bisa dikatakan jika peralihan ke LPDDR5 akan menjadi peningkatan RAM paling siginifikan sejak diperkenalkannya LPDD4 pada tahun 2014 lalu.

So, mari saja kita nantikan saja bersama informasi detail mengenai keduanya beberapa waktu ke depan.

via Android Central

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.