via Samsung

Masih ingat dengan sensor kamera milik Sony yakni seri IMX586 yang diperkenalkan pada pertengahan tahun lalu? Jika kamu lupa, Sony IMX586 merupakan sebuah sensor kamera CMOS yang  akan menghidupkan kembali persaingan megapixel antar smartphone, karena  punya ukuran megapixel yang jauh lebih sebesar dibandingkan Nokia dan Huawei sekalipun yakni mencapai 48-megapixel! (Baca: Sony Segera Rilis Sensor Kamera 48MP untuk Smartphone)

Nah, seakan meresa tertinggal oleh Sony, Samsung kemarin memperkenalkan dua buah sensor kamera baru dan tentu saja sangat mudah untuk ditebak, jika salah satu dari kedua sensor tersebut punya ukuran megapixel yang sama dengan Sony IMX586 yakni mencapai 48-megapixel.

Sensor kamera pertama adalah Samsung ISOCELL Bright GM1 yang punya resolusi 48MP dan yang kedua adalah ISOCELL Bright GD1 yang punya resolusi 32MP. Keduanya hadir dalam ukuran 0,8-mikrometer sehingga OEM dapat membuat modul kamera yang lebih kecil agar sesuai dengan desain kamera smartphone masa kini.

Sayangnya, Samsung belum memberikan detail terkait kelebihan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh kedua sensor kamera terbaru miliknya. Tapi, berdasarkan informasi terbaru yang DroidPoin terima, kedua sensor kamera tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas cahaya dan juga memiliki dukungan HDR yang jauh lebih baik.

So, untuk informasi yang lebih lengkap mari kita nantikan saja beberapa waktu ke depan. Samsung kabarnya bakal mulai melakukan produksi di Q4 2018 dan kemungkinan besar smartphone dengan sensor kamera tersebut bakal kita lihat di tahun 2019 mendatang.

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.