Sebentar lagi Harbolnas bakal segera dimulai dan pastinya akan ada cukup banyak gadget menarik (terutama smartphone) yang akan menantikan kamu. Nah, dari sekian banyak smartphone yang dijual secara resmi di Indonesia, tampaknya persaingan akan tertuju di dua nama yakni Xiaomi dengan Mi A2 dan pendatang baru yakni Realme dengan Realme 2 Pro.

Kedua smartphone tersebut punya desain yang lumayan oke serta spesifikasi yang tak berbeda jauh, tapi ponsel mana yang bakalan cocok untuk kamu? Nah, dikesempatan kali ini DroidPoin akan coba membahas dan membandingkan kedua ponsel tersebut berikut ini adalah detailnya:

Notch Model Baru vs Klasik Bezel-less (18:9)

Xiaomi Mi A2 vs Mi A2 Lite — Apa Bedanya?

Pertama, tentu saja adalah desain dari kedua ponsel tersebut. Xiaomi Mi A2 hadir dengan desain klasik bezel-less dengan rasio 18:9 yang mana menandakan bahwa ponsel tersebut tak memiliki notch, berkebalikan dengan apa yang ditawarkan oleh Realme 2 Pro.

Walaupun hadir dengan notch, tapi notch yang diusung oleh Realme 2 Pro tergolong ke dalam kategori yang tidak mengganggu karena mengusung desain dewdrop notch yakni poni yang berupa tetesan air. Tapi sayang banget, Realme 2 Pro ini kabarnya hanya mengusung body plastik dengan finishing mengkilap layaknya kaca, berbeda dengan Xiaomi Mi A2 yang memang menggunakan aluminum body sehingga kesan kokoh dari ponsel tersebut akan terasa ketika kamu genggam.

via Firstpost

Overall, untuk masalah desain tampaknya Realme 2 Pro punya desain yang lebih oke ketimbang Xiaomi Mi A2. Walaupun ponsel tersebut masih menggunakan material dari plastik, tapi dengan finishing mengkilap layaknya kaca membuat kesan ponsel tersebut seperti ponsel premium.

 

Android One vs ColorOS (Oppo)

Nah kalo ngomongin software, DroidPoin sangat yakin kamu bakal lebih memilih Xiaomi Mi A2 (sama seperti saya) karena ponsel tersebut merupakan bagian dari program Android One yang mana merupakan hasil kerjasama antara berbagai OEM Android dengan Google. DroidPoin bukannya meremehkan kinerja dan performa dari ColorOS di Realme 2 Pro, hanya saja untuk urusan update ponsel dengan embel-embel Android One punya sirkulasi update yang jauh lebih terjamin.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan stock Android layaknya ponsel milik Google yakni Pixel series, maka performa ponsel Android One bisa dipastikan bakal jauh lebih oke karena punya manajemen RAM yang lebih baik dan juga minim bloatware.

 

Sama-sama Pake Chipset Snapdragon 660, Tapi . . .

Kedua smartphone tersebut sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 660, tapi ada perbedaan yang jelas jika kamu teliti lebih detail. Yups, hal tersebud dikarenakan Xiaomi Mi A2 menggunakan stock Android yang sama seperti pada ponsel Google Pixel, maka DrodPoin cukup yakin jika performa yang ditawarkan bakal jauh lebih oke.

Belum lagi kamera pada Xiaomi Mi A2 yang memiliki resolusi jauh lebih besar, hal tersebut akan terasa ketika kamu mengambil gambar dalam mode zoom, dimana detail yang dihasilkan bakal jauh lebih sempurna. Tidak hanya itu saja, kamera yang digunakan oleh Xiaomi Mi A2 juga sudah menggunakan sensor Sony IMX486 yang punya performa jauh lebih oke dibandingkan Realme 2 Pro.

via GSMMAniak

Tapi sangat disayangkan, baterai Xiaomi Mi A2 tidaklah sebesar Realme 2 Pro. Sehingga jika kamu memilih Mi A2, maka kamu akan lebih sering melakukan charge ketimbang pemilik Realme 2 Pro.

Overall, terlepas dari kapastias baterai Xiaomi Mi A2 yang jauh lebih kecil jika dibandingkan Realme 2 Pro, ponsel tersebut memiliki lebih banyak kelebihan pada sektor spesifikasi jika dibandingkan dengan Realme 2 Pro. Jadi, kalau kamu adalah salah satu orang yang mementingkan spesifikasi dibandingkan dengan apapun, maka pilihlah Xiaomi Mi A2.

 

Mulai dari Rp 2 jutaan vs Rp 3 jutaan

Sekarang kita berada dibagian paling menarik yakni harga! Seperti yang sudah DroidPoin bahas satu persatu tadi, dapat disimpulkan jika Realme 2 Pro ini hadir dengan desain yang lumyan dan punya spesifikasi yang tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi A2, tapi anehnya Realme berani membanderol ponsel tersebut jauh lebih murah dari Mi A2!

Dengan banderol harga mulai dari Rp 2.899.000, tentu saja ponsel Realme 2 Pro menjadi penantang serius dari Xiaomi Mi A2 yang Xiaomi banderol mulai dari Rp 3.699.000. Dengan perbedaan harga yang cukup signifikan, tentu saja Realme 2 Pro bakal menjadi opsi pertama yang dipilih karena perbedaan spesifikasi yang tidaklah signifikan.

 

Kesimpulan

Oke, akhirnya masuk juga ke tahap kesimpulan dan menurut DrooidPoin kesimpulannya adalah:

  • Jika kamu adalah orang yang sangat peduli akan update Android serta ingin punya ponsel dengan performa yang oke seperti Google Pixel series, maka Xiaomi Mi A2 merupakan opsi yang tepat untuk kamu. Walaupun memang harga Mi A2 sedikit jauh lebih mahal dibandingkan dengan Realme 2 Pro.
  • Sedangkan, kalau kamu merupakan orang yang ingin merasakan ponsel Android yang punya layar besar dan performanya lumayan oke (11-12 dengan Xiaomi Mi A2) dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa memilih Realme 2 Pro. Tapi dengan cukup banyak minus seperti body ponsel yang terbuat dari plastik, lalu masalah update yang tidak terjamin serta masih banyak yang lainnya.

So, mana yang bakal kamu pilih? Xiaomi Mi A2 atau Realme 2 Pro?

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.