Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada event Samsung Developer Conference (SDC) yang diadakan beberapa hari lalu, mereka menginformasikan bahwa Samsung Experience akan digantikan dengan One UI dan perangkat baru seperti Galaxy S9/S9+ serta Galaxy Note9 bakal segera memulai uji coba beta untuk kedua perangkat tersebut.

Lalu bagaimana nasib perangkat flagship tahun sebelumnya seperti Galaxy S8/S8+ dan Galaxy Note8? Karena pada event tersebut Samsung tidak menyinggung sama sekali kehadiran dari One UI untuk kedua perangkat tersebut! Apakah itu pertanda jika kedua seri smartphone milik Samsung tersebut tak akan mendapatkan update One UI?

Tampaknya tidak demikian, baru-baru ini Samsung sudah mengonfirmasi bahwa Samsung Galaxy S8/S8+ dan juga Galaxy Note8 bakal mendapatkan update tersebut. Hanya saja, saat ini fokus mereka tertuju kepada Samsung Galaxy S9/S9+ dan juga Galaxy Note9, setelah itu baru versi beta One UI untuk Galaxy S8/S8+ dan Note8 akan dirilis oleh Samsung.

via XDA Developer

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, One UI milik Samsung kabarnya merupakan perpaduan dari desain tertentu di Samsung Experience dan juga stock Android Pie yang mana berhasil menciptakan desain Tema Material baru. Jadi, One UI tidak hanya membuat tampilan pada ponsel Samsung terlihat lebih sederhana seperti stock Android, tetapi bakal menjadi lebih ringan dan tentunya lebih smooth jika dibandingkan dengan Samsung Experience.

Tidak hanya itu saja, One UI ini lebih memiliki kelebihan dalam penggunaan satu tangan karena One UI punya 2 area dalam satu layar, di mana layar bagian atas bakal menjadi viewing area sedangkan bagian bawah menjadi interaction area.

Untuk ketersediaannya, One UI kemungkinan besar akan hadir bersamaan dengan update Android 9 Pie untuk Galaxy S9/S9+ dan Galaxy Note9 yang  baru akan tersedia pada bulan Januari 2019 mendatang. Sedangkan untuk seri Samsung Galaxy S8/S8+ dan Galaxy Note8, baru akan tersedia beberapa minggu kemudian.

Jadi, untuk informasi yang lebih lengkap mengenai hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via Android Authority

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.