Cara Mengeluarkan Kartu SD di Android dengan Benar

Buat kamu pengguna Android, seperti yang sudah kita ketahui bersama jika sejak versi Android Marshmallow, OS andalan milik Google tersebut sudah mendukung sebuah fitur yang namanya Adoptable storage. Fitur tersebut memungkinan MicroSD yang terpasang pada ponsel kamu dijadikan sebagai internal storage.

Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba berikan cara bagaimana menjadikan MicroSD milikmu sebagai Adoptable storage dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukan MicroSD ke ponsel Android milikmu dan tunggu hingga terdeteksi.
  2. Selanjutnya bukalah Settings > Storage.
  3. Lalu silakan pilih menu SD card dan tap menu more (3 titik vertikal) dibagian kanan atas layar.
  4. Pilihlah opsi Storage Settings.
  5. Selanjutnya kamu tinggal pilih format sebagai memori internal dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  6. Done

Perlu kamu tahu, ada beberapa kekurangan jika kamu memang berniat menjadikan MicroSD milikmu sebagai penyimpanan internal. Yang pertama tentu saja adalah masalah kecepatan, dimana kecepatan MicroSD tak secepat yang ditawarkan memori internal yang sesungguhnya yang memang biasanya sudah mendukung UFS 2.1 dan sejenisnya.

Yang kedua, jika kamu memang pada akhirnya menjadikan MicroSD kamu sebagai penyimpanan internal, maka bersiaplah jika penyimapan tersebut tak akan work diperangkat lainnya. Jadi saran dari DroidPoin, mending kamu jadikan MicroSD kamu sebagai portable storage agar tak hanya bisa dimanfaatkan di satu device saja, lagian saat ini sudah cukup banyak OEM yang menawarkan opsi penyimpanan internal yang besar dengan harga yang terjangkau.

Semoga bermanfaat 🙂

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.