Tahun 2019 sudah di depan mata, dan di video ini kita bakal membahas trend hape di tahun 2019, mana trend yang keren dan berguna, serta mana trend sebenarnya nggak berfaedah.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Support Koneksi 5G

Trend pertama smartphone di 2019 adalah support koneksi 5G. Koneksi 5G ini kenceng banget, dari pengujian awal kecepatan downloadnya mencapai 6 sampe 10 Gbps. Info selengkapnya tentang koneksi 5G bisa kamu tonton disini:

Berbagai brand udah commit bakal rilis smartphone 5G di 2019, seperti Samsung yang kemungkinan dengan Galaxy S10 Plus, Xiaomi dengan Mi Mix 3 varian 5G nya, lalu ada OnePlus, Huawei, LG dan masih banyak lagi.

Jadi hape dengan dukungan 5G bakal jadi trend di tahun 2019 nanti. Kecuali Apple yang kemungkinan gak bakal buru-buru untuk rilis iPhone 5G.

Mengurangi Notch

Trend kedua adalah mengurangi notch. Ini bisa dalam bentuk mengecilkan notch, seperti waterdrop notch di OnePlus 6T, atau Samsung yang bakal pake notch kecil Infinity U, Infinity V, dan Infinity O.

Mengurangi notch bisa juga berupaya menghilangkan notch sepenuhnya, seperti yang dilakukan di Oppo Find X, VIVO NEX, Mi Mix 3, dan Honor Magic 2.

Di 2019 nanti smartphone dengan notch kecil atau tanpa notch sama sekali bakal makin banyak bermunculan.

Banyak Kamera

Trend ketiga, di tahun 2019 bakal muncul smartphone dengan banyak kamera belakang. Tahun ini aja udah banyak muncul smartphone 3 kamera belakang seperti Galaxy A7, disusul smartphone 4 kamera belakang seperti Galaxy A9, — dan kabar terbaru, LG baru saja mematenkan smartphone dengan 16 kamera belakang!

Jadi kamu bisa berharap kemunculan smartphone dengan banyak kamera belakang di tahun 2019.

10GB RAM!

Trend keempat untuk smartphone Android flagship, specs di tahun 2019 bakal semakin gila lagi, terutama di besarnya RAM. Jadi flagship dengan 10GB RAM bakal semakin banyak bermunculan. Ini sudah dimulai dengan Mi Mix 3, Black Shark Helo, dan bakal semakin bermunculan nanti di tahun 2019.

Gesture Navigasi

Trend kelima, ini sebenarnya pengembangan dari trend smartphone full screen tanpa tombol. Jadi kalo sebelumnya tombol fisik semakin tidak populer dan diganti dengan tombol virtual, dan sekarang pun tombol virtual semakin tidak populer lagi dan digantikan dengan gesture.

Jadi di tahun 2019 nanti bakal semakin banyak smartphone yang menggunakan navigasi gesture. iPhone sekarang udah menggunakan navigasi gesture, OnePlus, Pixel, Xiaomi juga punya gesture navigasi. Dan dengan dirilisnya Android Pie yang juga memprioritaskan gesture, keberadaan navigasi tombol di smartphone, baik itu tombol fisik ataupun virtual, bakal semakin tersisih di 2019.

Ponsel Gaming

Trend keenam, keberadaan ponsel gaming makin dilirik berbagai brand, dan ini bakal semakin kokoh di 2019. Jadi di tahun 2019 popularitas dan perilisan ponsel gaming bakal semakin menarik. Untuk saat ini sudah ada beberapa ponsel gaming mulai dari Razer Phone, Xiaomi Black Shark, Nubia Red Magic, Honor Play, ASUS ROG, dan 2019 bakal makin seru karena rumornya Samsung juga tertarik untuk merilis ponsel gaming sendiri.

Fitur AI & Chip NPU

Trend ketujuh adalah Artificial Intelligence (AI). Jadi di perilisan berbagai smartphone tahun 2019 nanti kata AI bakal semakin sering disebut. Entah itu AI camera, AI power management, dan fitur AI yang lainnya. NPU atau Neural-network Processing Unit juga semakin populer ditanamkan di chipset smartphone. Huawei sudah punya NPU di Kirin 970, bahkan sudah dual NPU di Kirin 980, dan iPhone punya NPU di A12 Bionic. Qualcomm tidak mau kalah dengan segera menanamkan NPU di Snapdragon 855.

Itulah dia 7 prediksi trend smartphone di 2019. Tulis saja di kolom komentar, dari ketujuh trend diatas, mana yang menurut kamu paling berfaedah, dan mana paling nggak berguna. Sampai bertemu lagi di ulasan tekno menarik lainnya besok.