Setahun belakangan ini permintaan bezel tipis semakin tinggi, membuat perusahaan harus memikirkan berbagai teknologi untuk memindah komponen di bagian depan pindah ke temapat lain. Salah satu teknologi baru yang lahir (dan menarik) adalah sensor sidik jari di layar.

Secara teknis, sensor tersebut berada di bawah layar. Saat jari ditempelkan di layar, layar akan bercahaya, dan cahaya dari pantulan sidik jari tersebut akan dibaca oleh sensor. Sungguh menarik, namun ada kekurangan yang membuat banyak orang mengernyitkan dahi. Sensor ini lambat. Tidak secepat sensor sidik jari konvensional. Karena itulah meskipun sangat menarik, orang-orang akan tetap memilih sensor sidik jari biasa di bagian belakang.

Tapi bukan Xiaomi namanya kalau tidak membuat sensasi. Xiaomi mengumumkan bahwa mereka telah menemukan teknologi baru yang mampu mempercepat pengenalan sidik jari di layar. Xiaomi mengklaim bahwa sensor tersebut mampu mengenali sidik jari secara langsung layaknya sensor sidik jari biasa. Selain itu Xiaomi mengatakan bahwa area yang bisa dikenali sensor tersebut jauh lebih lebar, tidak satu titik saja.

Namun saat ini Xiaomi masih bungkam saat ditanya smartphone mana yang akan menggunakan teknologi tersebut. Jika boleh menduga, kemungkinan Mi 9 adalah kandidat terkuatnya. Apakah sub-brand Redmi dan Poco akan mendapatkannya juga? Sepertinya tidak. Karena teknologi baru ini nampaknya akan cukup mahal harganya.

via Neowin

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.