Smartphone Nokia 5, yang dirilis 2017 lalu dan juga menjadi salah satu generasi pertama smartphone Android Nokia, kini resmi mendapatkan update Android Pie.

Update Android Pie ini diketahui mulai dibagikan sejak Kamis, 24 Januari lalu ke seluruh dunia. Menariknya, pengguna Nokia 5 di Indonesia juga telah mendapatkan update ini.

Pembaruan Android 9.0 Pie untuk Nokia 5 ini tidak hanya membawa fitur-fitur yang ada di Android Pie, tapi sekaligus meningkatkan patch keamanan Google menjadi bulan Januari 2019.

Namun sayang, ada fitur Android Pie yang hilang dalam update ini seperti Digital Wellbeing. Hilangnya fitur tersebut karena hanya tersedia untuk smartphone Gogle Pixel dan Android One, sedangkan Nokia 5 bukanlah smartphone Android One.

Fitur gesture juga tidak ada di Nokia 5 karena smartphone ini mempunyai tiga tombol fisik. Persis seperti Nokia 8 yang juga tidak mendapatkan fitur ini.

Tapi fitur lain seperti App Actions, Adaptive Battery dan Adaptive Brightness, tersedia di Nokia 5. Selain fitur baru, HMD Global juga membawa perubahan pada tampilan antarmuka kamera yang ada, menjadi seperti yang ada di Nokia 6.1 Plus.

Ingin segera mendownload? Persiapkan kuota internet kamu ya, karena pembaruan Android 9.0 Pie untuk Nokia 5 ini berukuran cukup besar, mencapai 1.6GB.

Update Pie ini akan menjadi update major terakhir bagi Nokia 5, sebab HMD Global hanya memberikan update major bagi smartphone Nokia selama 2 tahun. Tapi, Nokia 5 nantinya masih akan mendapatkan peningkatan security patch, yang diberikan selama 3 tahun.

Thanks to Rio.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.