Era ponsel foldable akhirnya dimulai di tahun 2019 ini! Diawali oleh Royole FlexPai di akhir tahun kemarin, lalu akhirnya diikuti oleh Samsung yang  memperkenalkan Galaxy Fold dengan konsep yang terbilang luar biasa di event Unpacked Galaxy tanggal 20 Februari lalu dan kini giliran Huawei yang memamerkan seri ponsel foldable miliknya.

Huawei menamai perangkat tersebut sebagai Huawei Mate X dan buat kamu yang penasaran dengan ponsel tersebut berikut ini adalah detailnya:

Desain Huawei Mate X

Huawei Mate X punya desain yang jelas berbeda jika dibandingkan dengan seri Samsung Galaxy Fold, tapi keduanya tetap punya desain yang sangat luar biasa karena berhasil memberikan kesan tersendiri. Jika Galaxy Fold hadir dengan desain melipat ke arah dalam dengan tambahan layar cover, maka seri Huawei Mate X hadir dengan desain layar yang melipat keluar, mirip seperti ponsel layar lipat milik Xiaomi.

Perangkat Huawei Mate X menggunakan layar OLED dengan ukuran yang bisa kamu ubah, tergantung mode yang akan kamu gunakan. Pada mode tablet, kamu akan mendapatkan layar berukuran 8-inch dengan resolusi 2480 x 2200 Pixel, sedangkan untuk mode ponsel kamu akan mendapatkan layar berukuran 6.6-inch beresolusi 2480 x 1148 Pixel serta rasio layar 19.5:9.

Perlu kamu tahu, perangkat ini (Huawei Mate X) tidak memiliki kamera selfie seperti pada seri Samsung Galaxy Fold. Huawei Mate X hanya memiliki 3 kamera saja dan ketiganya dapat berfungsi sebagai kamera utama dan juga selfie! Untuk konfigurasinya sendiri cukup mirip seperti seri Huawei P20 dan untuk mengambil foto selfie, kamu harus melipat layar tersebut atau mengubah perangkat tersebut ke dalam mode ponsel  terlebih dahulu.

 

Spesifikasi Huawei Mate X

via Phone Arena

Sama halnya dengan Samsung Galaxy Fold, ponsel Huawei Mate X ini dilengkapi dengan spesifikasi terbaik milik Huawei dimana sudah menggunakan modem terbaru yang mendukung 5G serta prosesor Kirin 980 dan buat yang penasaran dengan spesifikasi lengkapnya berikutt ini adalah detailnya:

  • Dimensi 161.3 x 146.2 x 11 mm
  • Berat 295 g
  • Layar OLED dalam dua mode
    Mode tablet:
    – 8-inch beresolusi 2480 x 220 Pixel
    Mode ponsel:
    – (layar depan) 6.6-inch beresolusi 2480 x 1148 p dengan rasio 19.5:9
    – (layar belakang) 6.38-inch berguna ketika saat selfie
  • Prosesor HiSilicon Kirin 980 + GPU Mali-G76 MP10
  • RAM 8GB
  • Internal 512GB + dukungan MicroSD hingga 256GB
  • Triple kamera utama:
    – 40MP, Aperture F/1.8, Focault length 27mm, Sensor Size 1/1.7”
    – 8MP Telephoto lens, Aperture F/2.4, Focal length 80mm, sensor size 1/4”, optimal zoom 3x, OIS
    – 16MP ultra-wide angle lens, Aperture F/2.2, Focal length 16mm
  • Baterai 4500 mAh dengan dukungan Huawei SuperCharge 55W
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, NFC, USB Type-C, Side Fingerprint sensor
  • Android 9.0 Pie

 

Harga dan Ketersediaan Huawei Mate X

Huawei Mate X kabarnya akan tersedia dipasaran mulai pertengahan tahun nanti dan dibanderol dengan harga yang sangatlah mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy Fold! Huawei Mate X kabarnya akan dibanderol dengan harga mulai dari €2300 atau sekitar Rp 36,6 jutaan.

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.