via DCW

Perang Megapixel tampaknya bakal semakin memanas di tahun 2019 ini, diawali oleh Sony yang merilis sensor dengan resolusi kamera 48MP, lalu disusul oleh Samsung dengan resolusi serupa. Nah, hari ini ada kabar dari Qualcomm yang mana menyebutkan jika resolusi kamera smartphone ke depannya bakal menyentuh angka 100MP!

Senior Director of Product Management di Qualcomm yakni Judd Heape mengonfirmasi bahwa vendor sensor kamera saat ini sudah bekerja sangat keras dan hasilnya bisa kita lihat pada terciptanya sensor megapiksel yang lebih tinggi untuk tahun ini.

Heape mengatakan jika Qualcomm mengharapkan bahwa vendor sensor kamera nantinya mampu merilis sebuah kamera dengan resolusi 100 megapiksel di akhir tahun ini, kalaupun tidak terealisasi sensor kamera dengan format besar diharapkan sudah siap pada tahun 2020. Selanjutnya, ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 setidaknya kita akan melihat jumlah megapiksel melonjak ke resolusi yang jauh lebih besar lagi (mungkin resolusinya bisa mencapai 192 Megapiksel)!

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, Qualcomm baru-baru ini menambahkan dukungan untuk foto dalam resolusi 192 megapiksel pada serangkaian chipset Snapdragon 6-series, 7-series dan 8-series. Heape mengatakan jika angka tinggi tersebut merupakan batas paling atas dari ISP, asalkan OEM tidak ingin menggunakan fitur seperti zero-shutter lag dan pengurangan multi-frame noise, ISP dapat menghasilkan gambar hingga 192-megapiksel.

Hal tersebut bukan berarti jika vendor kamera ponsel akan merilis sensor kamera 192MP terlebih dahulu. Namun, untuk sementara ini kamera dengan resolusi 192MP tidak akan terelaisasi dalam waktu dekat, Qualcomm mengharapkan sensor kamera dengan resolusi 100MP ke atas siap memasuki pasar akhir tahun ini dan akan banyak OEM ponsel menerapkannya di tahun 2020.

So, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Apakah kamu nantinya tertarik untuk memiliki ponsel beresolusi 100MP lebih atau menurutmu ini hanyalah gimmick semata?

via Digit

  Banyak Fitur Tersembunyi di VIVO V15 dan VIVO V15 Pro  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.