Untuk saat ini harus diakui jika Apple jadi pembuat chipset paling mutakhir di lini smartphone dan juga tablet, pasalnya mereka selalu berhasil menciptakan chipset dengan performa yang luar biasa (kalo dilihat dari hasil benchmark) dan mereka itu sepertinya selalu satu langkah di depan pembuat chipset lain seperti Qualcomm, Huawei dan juga Samsung.

Tapi Samsung tak ingin kalah nih gaes, berdasarkan kabar terbaru yang DroidPoin terima, Samsung melakukan investasi besar-besaran untuk lini chipset. Kabarnya sih mereka akan menggelontorkan dana hingga $9.6 miliar per-tahun untuk dapat mengembangkan prosesor Exynos semaksimal mungkin hingga tahun 2030 nanti!

Apakah nantinya Exynos akan sebaik prosesor A-series milik Apple?

Hal tersebut sangat memungkinkan apalagi ini merupakan pengembangan jangka panjang, dan jika kita melihat faktor lain seperti performa dari prosesor Exynos itu sendiri, maka hal tersebut bisa saja terwujud dalam 4 atau 5 tahun ke depan. Karena saat ini saja Samsung Exynos (prosesor lini flagship mereka) selalu berada tepat dibelakang prosesor milik Qualcomm bahkan sudah bisa menyaingi mereka.

Untuk berhasil mencapai posisi pertama sebagai pembuat chipset dalam waktu beberapa tahun ke depan, Samsung sepertinya harus memikirkan masalah yang ada pada lini GPU atau integrasi modem milik mereka, karena untuk saat ini (di kedua sektor tersebut) Samsung masih menggunakan bantuan dari berbagai pihak dan rasanya hal tersebut harus diubah terutama untuk masalah GPU (GPU Mali di prosesor Exynos rasa-rasanya kurang begitu powerfull menurutku 🤔).

So, bagaimana tanggapan kamu mengenai hal ini? Dengan dana yang sangat besar kira-kira lini mana yang harus Samsung perbaiki lebih dahulu? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

  Ini Fitur Canggih Banget..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.