via Pocketnow

Fitur long screenshot mungkin sudah jamak kita temui di beberapa smartphone Android buatan Samsung, Xiaomi ataupun Oppo. Tapi kalau kamu berharap fitur ini ada di Android One, lupakan saja mimpi itu. Loh, kenapa?

Fitur yang cukup berguna ini rupanya tak akan dibawa Google sebagai fitur Android di Android Q bahkan setidaknya dalam beberapa tahun ini. Dalam sebuah permintaan yang dikirim di Google Issue Tracker di bulan Mei 2018 lalu, Google tak berencana membawa fitur scrollable screenshot tersebut di Android.

Google punya alasan mengapa fitur screenshot panjang tersebut tak akan ada sebagai fitur bawaan Android. Google menganggap fitur long screenshot adalah fitur yang tidak layak di Android.

Tak adanya fitur ini di Android versi mendatang tentu membuat kecewa banyak orang. Mereka menimpali tanggapan yang dikirim Google tersebut.

“Apakah ini “tidak layak” karena alasan hukum? Apakah Samsung memiliki paten dalam implementasinya?,” tulis salah satu pengguna.

“Ayolah, ini terlalu mudah untuk ditambahkan,” tulis pengguna lainnya.

Fitur long screenshot ini sudah cukup lama kita temukan di beberapa smartphone Android selama 1-2 tahun belakangan. DroidPoin ingat betul, smartphone Lenovo K4 Note yang dirilis tahun 2016 yang pernah DroidPoin gunakan sudah memiliki fitur ini.

Kalau smartphone kamu tidak memiliki fitur long screenshot atau screenshot panjang sebagai fitur bawaan, kamu bisa mengikuti tips Cara Screenshot Panjang di Android berikut.

Fitur screenshoot panjang akan berguna untuk kamu untuk memotret satu halaman web penuh, atau memotret layar histori chat menjadi satu file saja. Sehingga kamu tidak perlu harus mengirim beberapa file screenshot yang tentunya harus kamu urutkan.

Gimana komentar kamu?

via Android Police, Google 1, 2

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.