via Android Authority

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ketika event Google I/O 2019 dilangsungkan pada 7-9 Mei lalu, ada banyak hal baru yang sangat menarik perhatian dan salah satu diantaranya adalah hadirnya sebuah fitur bernama Live Caption.

Kira-kira, apa sih Live Caption itu?

Live Caption merupakan sebuah fitur yang akan menampilkan semacam caption (subtitle) dari berbagai media yang menampilkan suara entah itu video, podcast dan semacamnya. Tujuannya sangatlah jelas, tentu saja agar sang penonton dapat lebih mudah memahami apa yang diucapkan oleh sumber suara karena terkadang ada beberapa kata yang mirip dan sulit dibedakan.

Fitur ini tidak memerlukan koneksi internet loh, karena kamu hanya memerlukan semaca data (Live Caption) berukuran 80MB pada internal kamu dan kamu langsung bisa mengatifkannya ketika audio pada video, podcast, dan berbagai hal lainnya dimulai, termasuk video call! Sangat keren bukan?

Tapi, ada satu hal yang amat sangat disayangkan dari fitur yang bermanfaat ini. Yups, betul sekali, ada harga yang patut kamu bayarkan! Harga disini bukanlah biaya untuk berlangangan ataupun yang sejenisnya yah, melainkan semacam kekuatan komputasi dalam menerapkan caption secara langsung.

Bingung yah? Simpelnya begini, karena caption harus diterapkan secara real time ketika audio ataupun video diputar, maka mau tidak mau kamu memerlukan hardware yang powerfull untuk dapat melakukan hal tersebut dan tampaknya hanya perangkat Android High-end saja yang bisa menggunakan fitur ini secara maksimal.

Hal ini juga sudah dikonfirmasikan oleh Brian Kemler:

Fitur ini tak akan tersedia untuk seluruh perangkat (tersedia ekskulsif ke beberapa perangkat pilihan, hanya perangkat high-end saja). Fitur ini membutuhkan banyak memori serta ruang untuk dapat berjalan maksimal. Pada awalnya, fitur ini akan tersedia secara terbatas, tapi kami akan berusaha untuk menyediakannya ke lebih banyak perangat dimasa yang akan datang.

So, bagaimana tanggapan kamu mengenai hal ini? Silakan sampaikan penapatmu di kolom komentar.

via Venture Beat

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.