via Digital Trends

Apakah kamu disini pernah mengalami kejadian dimana notifikasi yang seharusnya muncul dari aplikasi yang kamu gunakan tidak pernah muncul, kecuali kamu membuka aplikasi tersebut? Nah, jika ada, DroidPoin akan memberikan tips gimana cara memperbaiki masalah tersebut.

So, tak perlu berlama-lama, buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. Restart/Reboot Android Milikmu

Cara paling ampuh untuk mengatasi semua masalah yang muncul adalah dengan merestart/mereboot perangkat yang kamu gunakan. Kenapa?

Karena dengan melakukan reboot, semua proses yang sedang berjalan pada ponsel Android kamu akan terhenti, semuanya akan kembali ke kondisi awal seperti saat pertama kali kamu menyalakan ponsel, tentunya hal ini bisa menghilangkan beberapa masalah yang sebelumnya muncul pada ponsel Android kamu.

2. Cek Notifikasi Setting

Cara Menonaktifkan Notifikasi Aplikasi di Android

Jika sudah melakukan reboot ternyata aplikasi yang kamu gunakan tetap tidak mau memunculkan notifikasi, mungkin masalahnya terletak dibagian pengaturan notifikasi. Bisa saja secara tidak sengaja (ketika kamu lagi ngoprek Android kamu), kamu malah menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut.

3. Apakah Aplikasi Tersebut Sudah Mendapatkan Izin untuk Dapat Berjalan di Background dan juga Opsi Data Background Aplikasi Tersebut Sudah Aktif?

Jika tidak ada masalah dibagian pengaturan notifikasi, selanjutnya silakan cek opsi background (baik itu perizinan aplikasi yang berjalan di background dan juga background data). Jika opsi tersebut dalam kondisi non-aktif, ya akan sangat jelas kenapa tidak ada notifikasi yang muncul di perangkat kamu.

4. Pastikan Berbagai Opsi untuk Penghemat daya dan data tidak aktif

via MUO

Memunculkan notifikasi akan membuat ponsel kamu lebih mengonsumsi daya lebih besar, begitu pula untuk data. Nah, dengan mengatifkan mode penghemat daya dan data, secara otomatis notifikasi dari aplikasi tidak akan muncul secara langsung, kecuali kamu membuka aplikasi tersebut secara langsung.

Jadi, pastikan kamu sudah menonaktifkan kedua opsi tersebut jika ingin tetap notifikasi muncul pada ponsel Android kamu.

5. Mungkin Mode Do Not Disturb kamu Aktif

Inilah yang terkadang orang sering kali lupa, dalam kegiatan sehari-hari ada kalanya kita tidak ingin diganggu oleh berbagai informasi dari smartphone, maka dari itu kita mengaktifkan mode “Do Not Distrub”. Tapi terkadang ketika sudah di aktifkan kita lupa untuk menonaktifkan mode tersebut, sehingga notfikasi yang harusnya muncul tidak pernah muncul.

6. Reinstall Aplikasi atau Tunggu Pembaruan

Samsung Internet Browser (Beta) Hadir ke Play Store

Jika ke-5 cara di atas sudah dicoba, maka hampir bisa dipastikan kesalahan bukan ada pada kamu ataupun pada ponsel kamu. Kesalahan tersebut murni dari aplikasi yang kamu gunakan, silakan reinstall aplikasi tersebut untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi atau jika masalah belum teratasi, laporkan pada developer dan tunggu hingga perbaikan tiba di update selanjutnya.

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi masalah dimana notifikasi di Android tidak mau muncul. Jika kamu punya tips lain, silakan bagikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat 😊

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.