Ada yang lagi nyari ponsel baru gak nih? Masih bingung ponsel mana yang harus kamu pilih, karena kamu takut ponsel tersebut tidak mendapatkan update Android versi terbaru?

Jika memang demikian, DroidPoin punya tips yang mungkin bisa kamu coba nih, siapa tahu aja setelah menggunakan tips dari DroidPoin ini kamu bisa menentukan mana ponsel yang cocok untuk kamu!

1. Pilihlah ponsel buatan Google atau Android One

Sudah bukan rahasia lagi jika kamu ingin mendapatkan sebuah ponsel dengan dukungan update yang maksimal (mendapatkan update Android versi paling baru), kamu harus menggunakan ponsel besutan Google itu sendiri atau setidaknya ada keterkaitan (kerjasama) dengan Google, misalnya saja program Android One.

Nah, dengan demikian kamu gak bakal bingung lagi dengan masalah update, pasalnya perangkat tersebut sudah dipastikan akan mendapatkan dukungan update hingga 3 tahun lamanya (khusus Google update mayor Android dan security berlangsung selama 3 tahun), biasanya 2 tahun update mayor Android dan security update, lalu yang setahun lagi hanya security update saja.

2. Cari ponsel dari brand ternama

Cara Update Samsung Galaxy S8 ke Android Oreo

Kalau misalkan kamu tak ingin ponsel dengan Android murni atau “pure Android”, mungkin kamu bisa cari ponsel dari brand ternama yang namanya sudah dikenal di berbagai penjuru dunia.

Ada banyak sekali brand ponsel dengan optimalisasi software yang begitu baik serta dukungan update yang maksimal, misalnya saja Samsung, Sony, OnePlus, Xiaomi dan masih banyak yang lainnya.

Jadi, jangan sekali-kali memilih ponsel dari brand baru yang belum terbukti kualitas dan juga optimalisasi softwarenya yah.

3. Usahakan beli ponsel flagship

Fitur Baru MIUI 11, Tanggal Rilis MIUI 11, dan Seri Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Kalau ingin lebih terjamin lagi untuk urusan update Android, ya silakan kamu ambil ponsel flagship dari brand ternama, DroidPoin jamin deh dukungannya sama seperti kamu membeli perangkat Google atau Android One.

Yang menjadi pembeda antara Google dan brand ponsel lainnya  adalah ketersediaan update. Jika kamu memilih perangkat Google atau Android One, kamu akan mendapatkan update sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan bisa dipastikan jika perangkat kamu akan menjadi yang pertama (khusus Android One, terkadang update tersedia agak terlambat).

Sedangkan apabila kamu memilih dari brand seperti Samsung atau Sony, update software mungkin akan tersedia jauh lebih lambat dari biasanya, butuh waktu sekitar 2-3 bulan hingga akhirnya tersedia (maklum karena perangkat mereka banyak dan perlu penyesuaian).

Jadi, jangan beli ponsel mid-end yang tanggung dari berbagai segi jika kamu memang merupakan orang yang ingin terus mendapatkan update Android versi terbaru pada perangkat kamu! Selain akan mendapatkan dukungan yang lebih lama, kemungkinan perangkat kamu mendapatkan dukungan dari berbagai custom ROM pun lebih besar loh jika memilih seri flagship!

4. Cari & lihat rekam jejak pemberian update dari brand

via ModMy

Sudah memilih brand dan akhirnya kamu menentukan akan mengambil ponsel flagship? Nah, sekarang coba kamu cari tahu dan lihat bagaimana rekam jejak dari brand tersebut dalam pendistribusian update Android ke perangkat mereka.

Perlu kamu tahu, tidak semua brand besar memberikan update bulanan dan juga update mayor (Android) ke perangkat mereka (mungkin ada masalah dalam kompabilitas, sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam pendistribusian update), walaupun ponsel tersebut adalah seri flagship.

Mengapa demikian? Pasalnya, mereka (brand) mungkin lebih memercayakan pengalaman pengguna pada kustomisasi Android yang mereka ciptakan sendiri daripada harus mengubah base OS yang ada pada ponsel tersebut.

5. Lihat perangkat yang bisa menguji coba Android baru versi beta

Masih bingung juga? Lebih baik kamu lihat langsung saja perangkat yang bisa menguji android terbaru versi beta. Misalnya ketika Android Q dirilis nanti, ada sekitar 21 perangkat dari 13 brand yang bisa mencoba versi beta dari Android Q. (Baca: Android Q Beta 3 Resmi Tersedia untuk 21 Smartphone dari 13 Brand)

Nah, perangkat-perangkat tersebutlah yang harus kamu pilih, karena jaminan untuk mendapatkan update sangat nyata dan biasanya tak perlu waktu lama agar update tersebut dapat tersedia.

Jadi gimana? Sudah berhasil menemukan perangkat mana yang akhirnya kamu pilih?

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.