Teka-teki mengenai layanan terbaru besutan Google yakni Google Stadia akhirnya terungkap sudah! Layanan streaming game atau bisa dibilang cloud game milik Google ini dipastikan akan meluncur pada bulan November mendatang dengan harga yang bervariasi!

Seperti yang sudah kita ketahui yah, Google Stadia ini memungkinkan user untuk dapat bermain game kelas AAA tanpa harus mengunduh game tersebut. Jadi, user hanya perlu konektivitas yang stabil agar tetap dapat bermain game pada layanan Google Stadia, mirip-mirip dengan layanan GeForce Now milik NVIDIA dan juga Project xCloud milik Microsoft.

Ada 3 paket yang bisa kamu pilih dalam menikmati layanan Google Stadia! Yang pertama adalah Stadia Pro, Stadia Base dan juga Stadia Founder. Apa bedanya?

via Technobuffalo

Stadia Pro menawarkan akses penuh ke semua game yang ada dalam koleksi Google Stadia dengan kualitas terbaik yakni 4K/60fps/HDR, plus dukungan 5.1 surround sound, tapi dengan syarat koneksi internet yang mendukung. User yang berlangganan Stadia Pro akan mendapatkan keuntungan lainnya misalkan diskon untuk berbagai game baru yang akan dirilis dalam platform Stadia dan masih banyak yang lainnya. Ngomongin soal biaya, harga untuk berlangganan paket ini adalah $9.99 per bulan atau sekitar Rp 142 ribu.

Selanjutnya adalah Stadia Base. Sedikit berbeda dengan Stadia Pro, paket ini tidak menawarkan akses penuh pada semua game yang ada di layanan Google Stadia. Jadi, user hanya perlu membayar game yang ingin mereka mainkan, tanpa biaya berlangganan. Untuk masalah harga, Google tampaknya masih malu-malu mengungkapkan harga dari layanan Stadia Base, tapi kemungkinan besar harganya akan berbeda-beda, tergantung pada game yang akan dipilih.

*Untuk informasi yang lebih detail mengenai layanan Stadia Base, mari kita nantikan saja bersama pada tahun 2020.

Yang terakhir adalah layanan Stadia Founder. Ini merupakan paket terlengkap yang diberikan oleh Google untuk menikmati layanan Google Stadia. Pelanggan akan mendapatkan akses penuh (Stadia Pro) selama tiga bulan, controller, Chromecast Ultra, serta masih banyak keuntungan lainnya. Biaya berlangganan paket ini adalah USD129 atau sekitar Rp1,7 juta (diawal), bulan selanjutnya mengikuti biaya langganan Stadia Pro.

Perlu kamu tahu, untuk menikmati layanan Google Stadia ini kamu diwajibkan untuk memiliki Chromecast Ultra. Perangkat tersebut (Chromecast Ultra) sebenarnya dijual terpisah, tapi untuk kamu yang butuh controller juga, Google membanderol kedua perangkat tersebut dengan harga USD69 atau sekitar Rp985 ribu.

Walaupun nantinya sudah dirilis pada bulan November, layanan Google Stadia belum bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Perilisan tersebut hanya untuk sebagian wilayah Eropa dan Amerika saja, belum ada kabar apakah layanan ini akan hadir juga ke Asia dan wilayah lainnya.

Jadi, gimana? Apakah kamu tertarik mencobanya jika nantinya Google Stadia resmi tersedia di Indonesia? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via Google

  Review Samsung Galaxy Watch Active 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.