via Technobuffalo

Ngomongin layanan terbaru milik Google yakni Google Stadia memang tak ada habisnya! Buat kamu yang belum tahu, Google Stadia ini mirip-mirip dengan layanan GeForce Now milik NVIDIA dan juga Project xCloud milik Microsoft yang memungkinkan kamu untuk dapat memainkan game AAA secara streaming mulai November nanti. (Baca: Meluncur November, Inilah Harga Berlangganan Google Stadia)

Untuk kamu yang tertarik dengan Google Stadia, bukan hanya harga berlangganan saja yang perlu kamu pikirkan, karena ternyata kamu juga harus memikirkan seberapa besar dan kencang data yang diperlukan untuk mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal!

Karena seperti yang kita tahu, Google Stadia ini modal dasarnya adalah konektivitas internet dan jika internet kamu tidak maksimal, ya tamat sudah (pengalama bermain game akan sangat berkesan, ngelag lah, render yang tidak maksimal dan masih banyak lainnya).

Kira-kira, seberapa kencang dan berapa besar data yang diperlukan untuk dapat menikmati layanan Google Stadia?

Berdasarkan infromasi dari Google, untuk dapat menikmati Google Stadia dengan maksimal (resolusi 4K HDR, 60fps dengan dukungan 5.1 surround) kamu memerlukan kecepatan internet setidaknya 35Mbps. Kalau internet kamu belum bisa stabil di 35Mbps, kamu masih bisa menikmati layanan Stadia di 20Mbps dengan pengurangan resolusi menjadi Full HD (1080p) HDR, 60fps dengan dukungan 5.1 surround. Kalau masih belum sanggup juga, kamu bisa mendapatkan resolusi 720p 60fps dengan stereo audio di kecepatan 10Mbps.

Untuk besaran data yang dihabiskan, berdasarkan data dari PC Gamer jika kamu melakukan streaming di resolusi 4K maka Stadia akan menghabiskan sekitar 1TB data dalam 65 jam atau jika diasumsikan dalam sebulan, kamu akan mendapatkan waktu bermain sebanyak 2 jam sehari. Lalu jika kamu memainkan stadia dalam resolusi 1080p, kamu akan menghabiskan 1TB data dalam waktu 113 jam atau sekitar 4 jam sehari selama sebulan.

Jadi gimana? Masih tertarik gak nih nyobain Google Stadia?

via PC Gamer

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.