via Tokyo 2020

Pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade 2020 bakal digelar di Tokyo, Jepang tahun depan. Nah, berbagai persiapannya sudah dilakukan termasuk medalinya. Ada yang menarik dari medali Olimpiade kali ini.

Panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik mengatakan pada Olimpiade 2020 mendatang pihaknya menggunakan bahan material dari berbagai perangkat elektronik bekas yang ada di Jepang, termasuk ponsel.

Dari bahan inilah kemudian diolah dan menghasilkan 5000 medali emas, perak, dan perunggu.

Sebelumnya panitia sudah berniat membuat medali dari berbagai ponsel bekas. Pada Februari 2017 yang lalu juga masyarakat dapat melakukan donasi dengan menyumbangkan ponsel bekas ataupun yang tak terpakai untuk dibuat medali Olimpiade.

“Kami berharap project kami untuk mendaur ulang barang elektronik berukuran dan upaya kami untuk berkontribusi pada masyarakat yang ramah lingkungan dan berkelanjutan akan menjadi warisan Olimpiade Tokyo 2020,” kata panitia Olimpiade.

Medali ini menyimbolkan semangat para atlet dalam bertanding, dan keragaman cabang olahraga yang dipertandingkan.

Desain medali ini dibuat dengan desain khas Jepang, seperti adanya pola atau pattern ichimatsu moyo dan teknik lapisan kimono, kasane no irome. Sedangkan pita medali dibuat dengan bahan polyester fibers yang bebas kandungan CO2 dan dapat didaur ulang.

Untuk case atau wadah medali ini dirancang oleh para pekerja kerajinan tangan di Jepang, dengan memadukan teknik tradisional dan modern.

Olimpiade 2020 Tokyo sendiri akan dimulai pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 mendatang. Ada 33 cabang olahraga dengan 324 nomor pertandingan dalam Olimpiade ke-32 ini.

via CNET

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.