Seperti yang kita ketahui bersama, awal minggu ini Samsung baru saja meluncurkan sensor kamera baru yakni ISOCELL Bright HMX yang punya resolusi mencapai 108MP dan menjadikan sensor kamera tersebut sebagai yang paling canggih untuk saat ini.

Kira-kira, apa sih kehebatan dari sensor kamera Samsung yang satu ini?

Berdasarkan informasi dari pihak Samsung, sensor kamera ISOCELL Bright HMX ini memiliki ukuran fisik seluas, 1/1,33 inci. Perlu kamu tahu, ukuran sensor ini 125% lebih besar dibandingkan sensor kamera 48 MP ISOCELL Bright GM1. Tak hanya itu, sensor ISOCELL Bright HMX juga menggunakan teknologi Tetra-cell atau yang umum disebut sebagai interpolasi kamera (Quad-Bayer) dimana kamera yang sebenarnya cuma punya resolusi 27MP dijadikan beresolusi 108MP.

Dengan jumlah pixel lebih dari 100 juta dalam sekali jepret, sensor ini memungkinkan kamu untuk mengambil foto yang sangat tajam dan kaya detail, sensor ISOCELL Bright HMX ini juga mampu menghasilkan foto yang luar biasa bahkan dalam kondisi pencahayaan yang ekstrem!

Dalam lingkungan yang terang, sensor kamera ini memiliki fitur Smart-ISO, yakni sebuah sebuah fitur cerdas untuk memilih tingkat sensitifitas sensor cahaya sesuai dengan pencahayaan lingkungan saat kamu mengambil gambar, agar gambar yang dihasilkan jauh lebih optimal. Hal ini juga berlaku sebaliknya, bila kamu berada dalam tempat yang kurang cahaya maka Smart-ISO ini ini akan membantu mengurangi noise serta menghasilkan gambar yang lebih jelas. 

via Samsung

Untuk pengambilan video, sensor ini juga sudah mendukung perekaman video dengan dukungan fokus yang lumayan dan bisa merekam hingga resolusi 6K (6016 x 3384) dalam 30-frame-per-detik (fps).

Sejauh ini, baru Xiaomi yang sudah mengonfirmasi jika mereka memang tengah mempersiapkan perangkat baru yang akan menggunakan sensor kamera ISOCELL Bright HMX milik Samsung, tapi belum ada informasi mengenai waktu perilsan perangkat tersebut. (Baca: Xiaomi Pamerkan Ponsel dengan Resolusi Kamera 64MP — Akhir Tahun Rilis Ponsel Berkamera 108MP?)

So, untuk informasi yang lebih detail, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan jika ada informasi baru seputar hal ini, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

via Samsung

  Review vivo V17 Pro — Hape Punya 6 Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.