Mungkin sudah bukan rahasia lagi jika saat ini Amerika dan China masih berseteru. Pasalnya ada beberapa perusahaan China yang masuk ke dalam daftar hitam (salah satu diantaranya adalah Huawei), yang mana berakibat Huawei terkena ban dan tak bisa menggunakan sebagian besar resource dari negeri Paman Sam.

Baca juga:

Nah, baru-baru ini DroidPoin mendapatkan kabar jika Google akhirnya memutuskan untuk memindahkan produksi ponsel Pixel miliknya beserta beberapa hardware lainnya dari China ke Vietnam. Mungkinkah Google takut akan balasan dari China karena efek dari Ban Huawei?

Ternyata bukan itu alasannya! Google menjelaskan bahwa, “Hal tersebut akibat dari meningkatnya biaya produksi di negara China dan saat ini, kami (Google) tengah berambisi untuk meningkatkan produksi perangkat milik kami (terutama smartphone) hingga 2x lipat. Karena hal tersebutlah, Google perlu rencana jangka panjang yang mana mengharuskan kami untuk memindahkan tempat produksi perangkat kami dari China ke Vietnam mulai akhir 2019 dan dengan demikian, kami bisa menghindari peningkatan harga pada perangkat yang akan kami jual.”

Menariknya, pabrik yang akan Google gunakan untuk memproduksi perangkat (smartphone) miliknya adalah pabrik yang dulunya merakit ponsel Nokia di wilayah utara Vietnam! Mungkinkah nantinya ponsel Google akan punya kualitas dan daya tahan sebaik Nokia?

Mari kita nantikan saja bersama.

via Nikkei Asian Review

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.