Kamu disini ada yang penasaran gak sih, kira-kira brand mana yang paling rajin memberikan update Android ke perangkat miliknya? Kalau kamu penasaran akan hal tersebut, hari ini DroidPoin punya jawabannya!

Berdasarkan laporan terbaru yang disampaikan oleh Counterpoint, yang mana memang menjadi spesialis dalam riset teknologi. Brand pertama yang paling rajin melakukan update untuk smartphone miliknya adalah HMD Global Nokia (96%), selanjutnya disusul oleh Samsung (89%), Xiaomi (84%), Huawei (82%) serta melengkapi 5 besar ada Lenovo (43%). Data tersebut diambil oleh Counterpoint berdasarkan penjualan keseluruhan perangkat dari berbagai brand tersebut selama Q3 2018 hingga Q2 2019.

via Counterpoint

Selain itu, Counterpoint juga memberikan fakta menarik mengenai pendistribusian update Android Pie oleh berbagai brand selama setahun penuh, dan tentu saja Nokia tetap menjadi brand No. 1 untuk urusan ini. Dimana selama 12 bulan, sekitar 94% perangkat Nokia sudah berada di versi Android Pie dan Nokia jadi satu-satunya brand yang merilis update Android Pie tepat waktu (cuma berbeda beberapa hari dari Pixel series) sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Perangkat milik Nokia diikuti oleh Xiaomi yang berada di posisi kedua dengan perolehan update sebanyak 62%, disusul oleh Lenovo (52%), Huawei (40%), Vivo (28%) dan Samsung (23%). Berikut ini adalah detailnya:

via Counterpoint

Perbedaan ini sangatlah wajar, karena beda brand maka berbeda pula penanganannya. Sebagai contoh, Samsung banyak merilis perangkat baru setiap tahunnya, belum lagi mereka menggunakan kustomisasi yang terbilang full (terlihat hampir di seluruh sudut OS Android yang mereka gunakan). Jadi akan sangat wajar jika pendistribusian update Androidnya memerlukan waktu lebih lama dibandingkan Nokia yang menggunakan Android One.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Apakah kamu merupakan orang yang peduli akan update Android atau tidak masalah sama sekali akan hal ini? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via Counterpoint

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.