via 9to5Google

Ketika Android Q atau Android 10 nantinya dirilis, Google dipastikan akan menghadirkan fitur bernama system-wide dark mode. Fitur tersebut akan membawa tema gelap ke seluruh elemen Android, tidak terkecuali aplikasi. Namun, tetap saja ada beberapa aplikasi yang belum menerapkan tema gelap dan Google mengakali masalah tersebut dengan fitur force dark theme yang bisa kamu temui di opsi developer.

Itu tadi berlaku untuk seri ponsel Pixel, terus kalo ponsel kamu bukan Pixel gimana? Gak perlu khawatir, Google juga membawa dark theme ke setiap aplikasi miliknya dan berikut ini ada cara mengaktifkan dark theme di sebagian besar aplikasi Google:

1. Kalkulator

via Android Authority

Pertama-tama kita mulai dari kalkulator, untuk mengaktifkan dark theme di aplikasi kalkulator kamu tinggal buka aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi “more” atau titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tema gelap atau dark.

2. Kalender

via Android Authority

Untuk kalender caranya masih sama, dimana pertama-tama kamu harus membuka aplikasi tersebut. Kemudian kamu pilih opsi “more” atau ketuk ikon hamburger yang ada di bagian kiri atas dan pilihlah opsi Setting > General dan silakan menuju menu theme dan pilihlah dark theme.

3. Jam

via Android Authority

Di aplikasi jam, cara mengaktifkan opsi ini sama seperti pada kalkulator. Kamu perlu membuka aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi “more” atau titik tiga dan selanjutnya kamu tinggal pergi ke settings. Temukan sub-menu Screen saver dan selanjutnya kamu tinggal pilih opsi Night Mode.

4. Kontak

via Android Authority

Pada dasarnya, Google akan mengaktifkan dark mode di Google kontak secara default jika opsi penghemat baterai aktif. Namun, jika kamu ingin mengaktifkannya secara manual, kamu perlu buka aplikasi tersebut kemudian tap menu “more” atau ikon hamburger di pojok kiri atas, kemudian tap setttings dan pada sub-menu display kamu akan temukan menu tema dan selanjutnya tinggal aktifkan tema gelap dari sana.

5. Files by Google

via Android Authority

Untuk mengaktifkan dark mode di aplikasi Files by Google, kamu cukup ketuk ikon hamburger yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilihlah menu Settings dan carilah menu dark theme di sub-menu other settings.

6. Keep Notes

via Android Authority

Pada aplikasi Keep Notes, kamu bisa mengaktifkan menu dark mode di aplikasi dan juga web. Untuk aplikasi, kamu cukup pergi ke settings yang ada di ikon hamburger dan selanjutnya kamu tingga aktifkan dark theme dari sana.

Sedangkan untuk versi web, kamu buka terlebih dulu halaman google Keep Notes, kemudian pilih ikon gear dan kamu bisa mengaktifkan menu dark theme dari sana.

7. Messages

via Android Authority

Untuk Android Messages, kamu silakan buka aplikasi tersebut terlebih dahulu dan setelah itu ketuk opsi “more” atau titik tiga di pojok kanan atas dan kemudian tinggal aktifkan dark theme dari sana.

8. News

via Android Authority

Untuk mengaktifkan dark theme di Google News, caranya masih sama cuma agak sedikit tricky. Pertama, kamu silakan ketuk profil kamu dan pilihlah opsi Settings. Selanjutnya kamu tinggal pergi ke General > Dark Theme, dan tema gelap sesuai dengan keinginan kamu (bisa pilih opsi Always, Automatically Battery saver only).

9. Phone

via Android Authority

Jika kamu adalah pengguna aplikasi Phone milik Google, untuk mengaktifkan fitur dark theme pada aplikasi tersebut kamu silakan pilih opsi “more” atau titik tiga dan selanjutnya pergi ke Settings > Display Option, dan dari sana kamu akan menemukan dark theme.

10. Play Games

via Android Authority

Walaupun Play Store belum mendukung tema gelap, tetapi Google Play Game sudah mendapatkan fitur tersebut terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, kamu cukup pilih opsi “more” atau titik tiga, kemudian setting dan pilih “use dark theme”.

11. Play Ground

via Android Authority

Aplikasi Play Ground sebenarnya tidak memiliki opsi tema gelap, tapi entah sejak kapan aplikasi tersebut tiba-tiba saja sudah menggunakan elemen hitam. Tetapi, keren bukan?

12. Snapseed

via Android Authority

Ini aplikasi edit foto favorit saya dan rasa-rasanya semakin keren aja setelah mendapatkan dukungan tema gelap. Untuk mengaktifkan tema ini, kamu tinggal pilih opsi “more” atau titik tiga dan seterusnya tinggal pergi ke Settings dan aktifkan Dark Theme dari sana.

13. YouTube

via Android Authority

Mungkin ini udah lama dan agak basi juga, tapi siapa tau aja diantara kamu disini ada yang belum tahu jika aplikasi YouTube sudah mendukung tema gelap loh! Untuk mengaktifkannya, kamu perlu ketuk profil kamu dan selanjutnya navigasi ke Setting > General, lalu aktifkan tema gelap dari sana.

Nah, itulah gaes bagaimana cara mengaktifkan tema gelap di sebagaian besar aplikasi milik Google. Jika nantinya ada aplikasi baru yang mendapat dukungan fitur tersebut, DroidPoin akan segera menambahkan dalam daftarnya.

Semoga bermanfaat. 😁

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.