Sesuai dengan bocoran yang pernah disampaikan oleh berbagai sumber baik itu dari Google support dan juga beberapa operator, kemarin malam update “Android Q” atau yang kini kita sebut sebagai Android 10 akhirnya dirilis oleh Google.

Untuk saat ini, update Android 10 cuma tersedia di perangkat milik Google saja yakni Pixel, baik itu Pixel generasi pertama hingga yang paling baru yakni Pixel 3a series, belum ada kabar kapan update tersebut akan tersedia di perangkat lainnya.

Berdasarkan daftar changelog yang disampaikan, ada beberapa hal baru yang akan kamu temui pada update kali ini dan berikut ini adalah detail changelog tersebut:

  • Project Mainline, yang mana memungkinkan sistem untuk melakukan update secara terpisah dari OS.
  • System-wide Dark Mode atau Dark Theme, update tema gelap secara menyeluruh diseluruh elemen ponsel, tujuannya agar mata lebih nyaman ketika menggunakan smartphone di malam hari.
  • New gesture navigation bertujuan untuk membuat penggunaan ponsel jauh lebih fleksibel, mulai dari perubahan ketika berpindah aplikasi, bernavigasi kembali dengan “new back gesture”, kembali ke “home,” dan juga ketika meluncurkan Google Assistant.
  • Kontrol tambahan untuk menu privasi dan lokasi
  • Quick action dan replies melalui notifikasi
  • Dan lain-lain

So, tunggu apalagi? Jika kamu adalah pengguna ponsel buatan Google, silakan langsung cek ketersediaan update Android 10 di perangkatmu dan pastikan kamu terhubung dengan jaringan yang kencang yah! Pasalnya, ukuran update Android 10 ini hampir mencapai 1.3GB.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.