Bukan rahasia umum jika game mobile sekarang dikuasai oleh PUBG, Mobile Legends, dan lain sebangainya. Bagaimana tidak, mereka menawarkan keseruan game yang sangat lengkap mulai dari grafis, visual hingga gameplay yang membuat pemain bisa merasakan ketegangan tersendiri. Mungkin banyak yang mulai meninggalkan game genre lain seperti simulasi misalnya, dimana kita bisa menempatkan diri sebagai manager untuk membuat sebuah tim yang kuat, solid, dan bisa membawanya menjadi juara. Padahal banyak loh game manager yang seru — bahkan bisa dimainkan secara offline! Salah satunya adalah game Motorsport Manager 2014 ini.

Mungkin kamu bertanya kenapa game di tahun 2014 kok baru diulas sekarang? Jawabannya simple, karena ini merupakan versi game Motorsport Manager yang gratis dan masih sangat seru untuk dimainkan sampai saat ini. Game ini tidak menyuguhkan grafis yang kompleks dan saat balap pun kita hanya bisa melihat titik-titik yang berjalan — mirip seperti game football manager di awal dulu yang membuat kita hanya bisa melihat titik-titik berjalan.

Tetapi itulah seninya game simulasi manager dimana kita tidak perlu mempunyai gadget yang high-end dan visual yang berlebih, karena fokus game ini adalah bagaimana kita bisa mengatur strategi dan memanage tim, mulai dari uang operasional, sponsor, pembalap, bahkan fokus untuk pengembangan mobil dan pembalap binaan kita sendiri. Untuk urusan manajemen balap, game ini mempunyai detail yang sangat tinggi dan hampir mendekati kondisi real. Keseruan dari kerumitan dan kompleksitas manajemen balap inilah yang menjadi daya tarik Motorsport Manager 2014 bagi kalian pecinta game simulasi manager.

Selain fitur diatas, masih banyak daya tarik lain dari game ini — dimana kita bisa mengikuti kualifikasi dan mencetak waktu tercepat dengan settingan yang direkomendasikan pembalap atau dari pilihan kamu sendiri. Belum lagi ketika kamu balapan harus bisa mengatasi cuaca yang tidak menentu dan juga safety car yang bisa membantu atapun mengacaukan ritme balapan kalian. Bahkan mobil pembalap yang tiba-tiba mogok di tengah-tengah race juga menjadi sumber tantangan tersendiri.

Ada beberapa tier atau level balap yang disuguhkan oleh game ini, mulai dari kejuaraan nasional, regional, continental hingga kejuaraan dunia — dan kamu benar-benar harus mengembangkan tim dari nol! Jadi jika kamu adalah penyuka game simulasi manager apalagi penggemar F1, kamu bisa menginstall game ini dan rasakan betapa rumitnya menjadi seorang bos balap!

Untuk kekurangannya sendiri masih banyak di area grafis dan gameplay yang tidak menawarkan free practice. Padahal mode free practice ini seharusnya sangat menentukan karena menjadi ajang bagi engineer untuk mengutak-atik mobil balap dan mencari setting terbaik di kualifikasi maupun saat balapan. Selain itu dibandingkan dengan versi terbarunya yang berbayar (Motorsport Manager 2 dan Motorsport Manager 3), masih ada detailing yang kurang seputar settingan turbo atua DRS yang bisa sedikit boosting kecepatan mobil ketika balapan.

Tetapi sebagai game manager balap gratis, Motorsport Manager 2014 ini recommended banget untuk kamu mainkan, baik sekedar untuk menghabiskan waktu luang atau karena memang penasaran gimana sensasinya menjadi manager di Formula 1. Keunggulan lain yang menurut saya udah jarang banget ada di game manager saat ini adalah game ini bisa dimainkan secara offline, jadi Motorsport Manager 2014 juga menjadi salah satu game manager offline yang saya rekomendasikan untuk kamu mainkan.

Jika kamu punya game favorit lain yang seru untuk dimainkan, silakan tuliskan komentar dibawah ini. Satu saran saya saat memainkan Game Motorsport Manager 2014 ini: hati-hati jangan sampai ketagihan! Karena game ini lumayan bikin kecanduan terutama bagi penggemar Formula 1.

Download Motorsport Manager

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.