Google memberikan semacam ultimatum bagi seluruh OEM yang menggunakan Android di perangkatnya, dimana isinya mengharuskan semua OEM yang merilis perangkat baru dengan Android, harus sudah menggunakan versi Android terbaru yakni Android 10 per-tanggal 31 Januari 2020.

Informasi ini sendiri pertama kali terungkap dari persyaratan GSM milik Google. Jadi, setelah tanggal 31 Januari mendatang, Google hanya akan memberikan lisensi Android pada perangkat baru yang menjalankan Android 10 saja. Bila hal tersebut tak dipenuhi, maka Google tak akan menerbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer) dan ponsel tersebut akan sama seperti Huawei Mate 30 series yang hadir tanpa lisensi dan layanan (termasuk aplikasi) terbaik dari Google seperti Gmail, PlayStore dan lain-lain. (Baca: Fix! Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro Tanpa Aplikasi Google termasuk Play Store)

Kenapa Google melakukan hal ini?

Google belum memberikan tanggapan resmi terkait hal tersebut, akan tetapi beberapa sumber meyakini jika hal ini ada hubungannya dengan tingkat adopsi dari OS Android terbaru yang terkesan sangat lambat untuk diterapkan OEM pada ponsel terbaru miliknya. Padahal, Google mengklaim jika OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via XDA-Developer

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.