via CNET

Samsung sudah resmi membuka program Android 10 dan One UI 2.0 Beta untuk smartphone Android mereka, yang dimulai dari Galaxy S10. Tapi buat kamu yang masih pengen tahu ada apa saja yang baru, ini dia!

Samsung membawa sejumlah fitur baru dalam One UI 2.0 Beta pada Galaxy S10 ini, selain fitur bawaan dari Google pada Android 10.

Baca Juga:

Navigasi gesture Google dan Samsung jadi satu

Samsung menghadirkan dua opsi navigasi berbasis gesture pada Android 10 dan One UI 2.0 beta ini. Kamu bisa swipe ke atas dari bawah layar untuk mengakses home screen, swipe ke atas dan menahannya untuk mengakses menu recent apps, atau untuk kembali bisa swipe dari kiri atau kanan layar.

via SamMobile

Kalau kamu masih lebih suka dengan adanya tombol yang terlihat di layar atau on-screen, masih tetap ada kok.

Tampilan aplikasi Kamera diubah

Kedua, Samsung mengubah penampilan aplikasi kameranya yang kini lebih rapih. Mode kamera lain yang ada di menu utama, kini dipindahkan. Jadi kamu bisa menemukan mode kamera selain Photo, Video, Live Focus, dan Live Focus video dalam menu “More.”

via SamMobile

Selain itu, untuk pengaturan zoom, tersedia pula opsi instan yakni 0.5x, 1.0x, 2.0x, dan 10x. Namun sayangnya untuk mode Video tetap sama, dan tidak ada video recording di mode Pro.

Bisa screen recording hingga Full HD

Ketiga, fitur screen recording kini dibawa Samsung ke Galaxy S10 pada Android 10. Ada sejumlah pengaturan yang bisa dipilih, mau rekam layar saja, dengan suara dari media ponsel, atau juga bisa beserta microphone. Menariknya, fitur ini juga bisa selfie feed sambil merekam.

via SamMobile

Ada beberapa pilihan resolusi perekaman yang disediakan, yakni 1080p, 720p, dan 480p.

Info baterai lebih detail, hingga parental control

Di Android 10 dan One UI 2.0 beta ini, pengguna akan mendapatkan menu Device care yang lebih detail, dan juga bisa melakukan set limit pengisian baterai nirkabel perangkat lain lewat Wireless PowerShare hingga menjadi 90%, dari yang semula hanya 30% saja.

via SamMobile

Lalu, untuk akses satu tangan atau one-hand mode juga diubah. Fitur ini kini bisa digunakan dengan swipe dari tengah bawah layar hingga ke pinggir bawah layar. Sedangkan pada tombol on-screen, bisa melakukan double tap pada tombol home.

Fitur baru lainnya ada pada Digital Wellbeing yang kini terdapat Focus mode. Fitur ini bisa memblokir semua notifikasi dan aplikasi, berguna untuk kamu yang pingin banget fokus dengan satu hal. Selain itu ada pula fitur parental control, yang bisa melakukan tracking dan pembatasan aplikasi secara remote terhadap ponsel anak.

via SamMobile

Dark mode lebih luas, dan ada edge lighting

Dark mode atau Night mode kini lebih luas di One UI 2.0, dimana bisa diimplementasikan hingga wallpaper di lockscreen ponsel. Disediakan pula Edge lighting yang bisa memberikan efek cahaya di pinggiran layar ponsel saat ada notifikasi, dan notifikasi pop-up yang dikecilkan.

via SamMobile

Untuk fitur aplikasi bawaan, pengguna bisa mengembalikan atau restore kontak yang terhapus di aplikasi Contacts, jika selama belum 15 days. Lalu ada menu trash dan copy satu file ke beragam tujuan folder secara bersamaan di di aplikasi My Files. Di aplikasi Kalkulator, Samsung menambah fitur konversi waktu dan kecepatan.

Android 10 dan One UI 2.0 ini masih bersifat beta, sehingga buat kamu yang ingin menggunakannya karena sudah tak sabar, perlu diketahui bahwa ada kemungkinan software belum stabil dan adanya bug yang mengganggu penggunaan.

via SamMobile

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.