via Wccftech

Sekitar tanggal 5 Desember lalu, Google akhirnya merilis patch keamanan untuk bulan Desember 2019 ke seluruh perangkat Pixel dan itu merupakan patch keamanan yang sangat berarti bagi seri Pixel & Pixel XL generasi pertama atau yang biasa disebut sebagai Pixel Original.

Pasalnya, itu merupakan patch keamanan terakhir bagi Pixel original, sekaligus memperlihatkan betapa pedulinya Google akan masalah update Android, dimana selama 3 tahun lebih Pixel original selalu menerima update baik itu mayor ataupun minor.

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, pada pertengahan tahun 2016 Google secara mengejutkan menghentikan project Nexus dan tak lama setelah itu mulai terdengar desas-desus jika Google akan membuat smartphone sendiri (tanpa embel-embel dari brand) dan itu adalah Pixel.

Diresmikan pada Oktober 2016, Pixel dan Pixel XL sudah mendapatkan update mayor sebanyak 3 kali, dimana ketika pertama dirilis ponsel ini masih menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Tapi, dengan dukungan selama 3 tahun yang diberikan oleh Google, ponsel Pixel dan Pixel XL akhirnya bisa mencapai ke versi Android terbaru yakni Android 10 yang dirilis bulan September lalu.

Walaupun pada akhirnya Google tidak lagi memberikan dukungan untuk ponsel Pixel dan Pixel XL, tapi buat kamu pemilik ponsel tersebut, kamu gak perlu khawatir karena ada banyak sekali custom ROM yang tersedia untuk kedua ponsel Google tersebut.

So, selamat tinggal Google Pixel dan Pixel XL, terima kasih sudah memberikan warna baru di ekosistem Android. 😁

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.