User Interface (antarmuka) atau yang lebih sering disingkat sebagai UI merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna dalam menggunakan sesuatu.

Nah, mungkin sebagian besar diantara kamu disini cuma tahu kalo Realme menggunakan ColorOS sebagai UI pada ponsel mereka (maklum karena sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, brand ini di cap sebagai anak perusahaan dari Oppo). Tapi semua tersebut berubah ketika Android 10 dirilis untuk perangkat Realme.

Yups, Realme sebenarnya sudah mempersiapkan UI khas mereka sejak jauh-jauh hari. Namun, baru kali ini mereka dapat merealisasikan hal tersebut dan nama yang mereka pilih untuk UI khas mereka adalah Realme UI.

Kira-kira fitur apa saja yang ada di Realme UI?

Berdasarkan informasi dari Madhav Seth, Realme UI akan menawarkan pengalaman yang mirip seperti pada stock Android, tapi dengan beberapa penyesuaian yang mungkin akan kamu sukai seperti kustomisasi ikon, animasi wallpaper (live wallpaper), smart sidebar dan masih banyak yang lainnya. Berikut ini adalah detail dari fitur yang ada Realme UI:

  • Customizable Icon Style

Bisa dibilang fitur ini merupakan kustomisasi ikon yang mirip seperti pada stock Android. Jadi, user bisa dengan mudah mengubah bentuk ikon menjadi Square (kotak), Circle (bulat), Squircle (kotak dengan sudah membulat) dan lain-lain.

  • Animated Wallpapers

Dengan diresmikannnya Realme UI, Realme memperkenalkan fitur bernama Animated Wallpaper. DroidPoin belum mengetahui detail lengkap dari fitur ini, tapi kalau dari video yang Realme unggah via akun YouTube mereka, maka ini merupakan fitur yang mirip seperti Live Wallpaper yang ada di stock Android dan tersedia pula di skin Android lain.

  • Dual Earphone Connection

Fitur Dual Earphone Connection merupakan fitur yang cukup dinantikan oleh banyak user, pasalnya dengan fitur ini kamu bisa menggunakan earphone kabel dan bluetooth secara bersamaan dan tentu saja kamu bisa mendengar file audio yang same secara bersamaan. Namun untuk audio telepon, suara hanya akan terhubung ke earphone bluetooth.

  • Smart Sidebar

Selanjutnya ada fitur bernama Smart Sidebar, fitur ini memungkinkan kamu menambahkan semacam shortcut (aplikasi) pada menu sidebar, mirip seperti pada ponsel Samsung.

  • Screen-Off Display

Buat kamu yang ponselnya sudah menggunakan fitur Always-On display, mungkin kamu akan bisa mengobati rasa kangen kamu dengan fitur bernama Screen-Off Display di Realme UI.

  • Dark Mode

Android 10 dilengkapi dengan system-wide Dark Mode, maka jangan heran jika Realme UI yang berbasis Android 10 mengadopsi fitur serupa.

  • Private Information Protection 

Sama halnya dengan Google, Realme juga kian serius tentang data milik penggunanya, jadi di Realme UI ini mereka memperkenalkan fitur bernama “Private Information Protection“. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur data apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi seperti misalnya riwayat panggilan telepon, kontak dan pesan serta berbagai data lainnya.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Silakan sampaikan di kolom komentar.

  DAPET VIP ACCESS!! NYOBAIN LIVE.ON BETA: Speed Test, Fitur, dan Kuota 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.