Rumornya, Google cuma akan merilis sebuah ponsel midranger di tahun ini. Tapi sepertinya rumor tersebut tidaklah benar, karena berdasarkan informasi terbaru yang disampaikan oleh XDA-Developer, akun @akes29 berhasil menemukan beberapa codename baru di AOSP (Android Open Source Project)!

Ada 3 codename baru yang mengindikasikan bahwa saat ini Google sedang mempersiapkan ponsel midranger, ketiganya adalah sunfish, redfin, dan bramble. Ketiga codename tersebut sangatlah identik dengan codename perangkat Google sebelum-sebelumnya karena masih berhubungan dengan jenis-jenis ikan.

Sunfish

Bisa dibilang ini merupakan perangkat midranger paling rendah dari Google untuk tahun ini, karena berdasarkan repository dari AOSP, perangkat ini merupakan perangkat yang akan menggunakan platform sm7150 atau chipset Snapdragon 730 dan tentu saja perangkat ini belum akan mendukung jaringan 5G.

Menariknya, perangkat ini memiliki 2 cabang pengembangan, ada yang masih menggunakan Android 10 dan ada pula yang sudah menggunakan versi Android selanjutnya yakni Android 11.

Redfin

Redfin merupakan codename kedua yang muncul setelah sunfish, kalau berdasarkan data dari AOSP, redfin ini diyakini menggunakan platform sm7250 atau chipset Snapdragon 765 dan hampir bisa dipastikan bahwa ini merupakan ponsel midranger yang mendukung jaringan 5G.

Untuk saat ini, redfin sedang dikembangkan oleh FIH Mobile atau Foxconn dan ujicoba perangkat ini tampaknya hanya menggunakan Android 10 saja.

Bramble

Bramble adalah codename terakhir yang muncul di AOSP, awalnya XDA-Developer mengira bahwa ponsel midranger ini akan menggunakan chipset Snapdragon 865 karena pengembangannya menggunakan kernel Linux versi 4.19. Namun sepertinya hal tersebut salah, karena chipset Qualcomm Snapdragon 765 pun menggunakan kernel Linux yang sama.

Sama halnya dengan perangkat yang memiliki codename sunfish, bramble memiliki 2 cabang pengembangan, ada yang masih menggunakan Android 10 dan ada pula yang sudah menggunakan versi Android selanjutnya yakni Android 11.

Jadi tampaknya akan ada 3 perangkat midranger yang sudah dipersiapkan oleh Google di tahun ini, pertama adalah perangkat dengan codename sunfish yang kemungkinan adalah seri ponsel baru, dan sedangkan sisanya yakni Redfin dan Bramble adalah ponsel Pixel 4a dan Pixel 4a XL.

So, untuk informasi yang lebih detail, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via XDA-Developer

  Galaxy Z Flip vs Galaxy Fold, Mending Mana..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.