Ada yang bilang begini “jika kamu menghapus foto yang tersimpan dalam penyimpanan awan (cloud back up), maka foto tersebut akan hilang selamanya”. Jika ada yang menyampaikan hal tersebut, jangan kamu dengar yah, karena itu merupakan pernyataan yang salah gaes!

Sebenarnya, foto yang terhapus di Cloud belum hilang hingga batas waktu yang ditentukan dari layanan penyimpanan yang kamu gunakan. Misalkan Google Photos, layanan cloud dari Google tersebut baru akan menghapus foto yang kamu hapus dalam jangka waktu 60 hari, sedangkan untuk OneDrive dan Dropbox kalau tak salah memiliki batas waktu hingga 30 hari.

Terus gimana caranya memulihkan foto yang tak sengaja terhapus?

Buat kamu yang gak tau cara untuk memulihkan foto yang terhapus di penyimpanan awan, kamu bisa ikuti langkah-langkah dari DroidPoin berikut ini:

1. Jika kamu adalah pengguna setia Google Photos (seperti saya), kamu tinggal buka aplikasi tersebut.

2. Setelah itu, kamu tinggal pilih (tap) menu ‘more’ dan cari opsi menu ‘trash’

3. Setelah terbuka, kamu akan menemukan berbagai foto yang terhapus dari penyimpanan awan. Yang harus kamu lakukan selanjutnya tinggal pilih foto mana saja yang ingin kamu pulihkan dan tap restore.

4. Done

Nah, begitulah cara untuk memulihkan foto yang terhapus di penyimpanan awan. Cara di atas berlaku juga untuk penyimpanan via aplikasi OneDrive dan Dropbox, yang menjadi pembeda adalah lokasinya. Untuk OneDrive, kamu perlu melakukan navigasi ke menu Me > Recycle Bin, sedangkan untuk Dropbox kamu bisa menemukan opsi restore dengan pergi ke Files > Deleted Files.

Semoga bermanfaat 😁

  Perang Fitur 2 Hape MAHAL!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.