via Tech Advisor

Balik lagi ke konten yang sudah DroidPoin janjikan sejak jauh-jauh hari dan buat kamu yang lagi nyari ponsel baru, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa rekomendasi smartphone midranger untuk kamu pembaca setia DroidPoin.

Jujur aja, saya sendiri cukup kesulitan dalam menentukan ponsel midranger, pasalnya ada banyak sekali opsi yang bisa kamu dapatkan. Tetapi, tentu saja ada yang terbaik dari yang paling terbaik dan buat kamu yang sudah menantikannya, berikut adalah rekomendasi ponsel midranger untuk bulan ini:

1. Redmi Note 8 Pro

Ada cukup banyak alasan bagi ponsel Redmi Note 8 Pro untuk menjadi smartphone yang paling diincar oleh konsumen untuk kategori midranger. Selain punya spesifikasi di atas rata-rata (untuk ponsel dengan kategori midranger), harga dari ponsel ini terbilang sangat bersahabat, plus kamu pun sudah mendapatkan fitur yang lengkap, termasuk dukungan NFC!

Jujur aja, jika dilihat dari segi desain, ponsel ini memang terlihat sangat monoton dan juga mainstream. Tapi jika kamu lihat secara keseluruhan, maka Redmi Not 8 Pro merupakan perangkat midranger yang nyaris sempurna, karena menawarkan segalah hal yang kamu perlukan.

Harga: Rp 3 – 3,5 jutaan

2. Samsung Galaxy A50s

Daripada harus memilih seri Galaxy A terbaru seperti A51 ataupun A71, DroidPoin lebih menyarankan kamu memilih Galaxy A50s. Kenapa?

Ini ponsel punya spesifikasi yang mirip seperti pada Galaxy A51, jadi hampir bisa dipastikan performanya gak bakal beda jauh. Minusnya (jika dibandingkan dengan Galaxy A51) cuma terletak di bagian kamera dimana gak ada lensa macro dan desainnya mungkin udah mainstream banget.

Dengan spesifikasi yang kurang lebih sama, kamu bisa mendapatkan ponsel tersebut dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jadi, bukankah ini penawaran yang menguntungkan bukan?

Harga: Rp 3,1 – 3,4 jutaan

3. Vivo V17 Pro

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari ponsel dengan keunggulan di kamera serta ukuran layar yang luas, mungkin ponsel vivo V17 Pro merupakan pilihan yang paling cocok buat kamu. Ponsel ini punya 6 buah kamera yang terbagi atas 2 kamera selfie dan 4 kamera utama, menariknya vivo menggunakan mekanisme pop-up kamera di ponsel ini, jadi kamu dipastikan akan mendapatkan layar yang super luas!

Layarnya sendiri sudah menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6,44-inch beresolusi Full HD+. Kalau ngomongin soal spek, ponsel ini punya spesifikasi yang lumayan dimana vivo membekali ponsel ini dengan chipset Snapdragon 675 AIE, RAM berkapasitas 8GB, dengan memori internal 128GB.

Secara keseluruhan vivo V17 Pro merupakan sebuah ponsel midranger yang lengkap, namun tentu saja ponsel ini memiliki kelemahan dan letak kelemahan dari ponsel ini ada dibagian harga, dimana dari sejak pertama diresmikan (pada bulan September 2019) harganya masih di atas Rp 4 jutaan. Tapi tampaknya hal tersebubt terbayarkan dengan desain yang ciamik, bener gak?

Harga: Rp 4,4 – 4,8 jutaan

4. Oppo K3

Oppo K3 bisa dibilang merupakan ponsel yang underrated, padahal punya segudang potensi dan harganya pun lumayan terjangkau. Kalau seandainya kamu belum sanggup untuk menebus vivo V17 Pro, mungkin Oppo K3 bisa menjadi opsi cadangan untukmu.

Untuk spesifikasinya masih terbilang oke, karena menggunakan chipset Snapdragon 710 yang dipadukan dengan 6GB RAM dan internal bervariasi. Layarnya pun sudah menggunakan panel AMOLED dan menggunakan mekanisme pop-up kamera, jadi bisa dipastikan kamu mendapatkan layar yang jauh lebih luas.

Cuma sayangnya, ponsel ini masih menggunakan setup dual kamera utama dengan kapasitas baterai yang jauh lebih kecil yakni cuma 3.765 mAh dan konektivitasnya belum lengkap (minus NFC). Tapi, jika dibandingkan dengan Oppo A9 (2020) yang punya harga serupa, maka DroidPoin lebih merekomendasikan Oppo K3.

Harga: Rp 3,3 – 3,9 jutaan

5. Samsung Galaxy Note10 Lite

Sebenarnya, DroidPoin gak ingin merekomendasikan ponsel ini dikategori midranger karena harganya telampau amat mahal. Tapi, karena Samsung mengklaim jika Galaxy Note10 Lite merupakan ponsel midranger rasa flaship (emang bener sih karena ini seperti Galaxy Note9 yang dihidupkan kembali dengan fitur serupa Galaxy Note10), maka mau tak mau DroidPoin harus memasukan ponsel ini ke dalam rekomendasi kali ini.

Walaupun mahal, tapi kamu apa mendapatkan apa yang kamu dambakan pada seri Galaxy Note10. Mulai dari performa yang maksimal, baterai yang besar, fitur-fitur yang lengkap dan mungkin saja Galaxy Note10 Lite akan meningkatkan produktivitas dan kreatifitas kamu karena sudah dilengkapi dengan S-Pen. 😁

Harga: Rp 8,2 jutaan

Nah, itulah rekomendasi ponsel midranger dari DroidPoin untuk bulan Februari 2020. Mungkin ada beberapa yang pro dan juga ada yang kontra akan hal ini, tapi hal ini tidak masalah karena ini merupakan pendapat masing-masing dan pastinya setiap orang punya pendapat yang berbeda.

Jadi kesimpulannya:

  • Xiaomi Redmi Note 8 Pro, ponsel midranger yang nyaris sempurna (spesifikasi tangguh plus dilengkapi mode gaming, ada juga dukungan NFC), cuma desainnya ini sudah mainstream.
  • Samsung Galaxy A50s, ponsel ini merupakan ponsel midranger terbaik sebelum Redmi Note 8 Pro dirilis. Tapi, Redmi Note 8 Pro sebenarnya tidak benar-benar mempengaruhi penjualan dari Galaxy A50s, pasalnya ponsel ini punya kekuatan di after sales dan juga software milik Samsung yakni One UI 2.0 yang saya rasa jauh lebih baik ketimbang MIUI Xiaomi.
  • Vivo V17 Pro, ponsel midranger dengan paket komplit yang berfokus di kamera dan punya desain yang kekinian. Cuma sayang, ponsel ini masih dibanderol dengan harga yang amat mahal.
  • Oppo K3, ponsel yang terkadang dianggap remeh dan tak pernah ada (terutama) setelah kehadiran seri Oppo A9 (2020). Padahal, harga keduanya gak beda jauh dan DroidPoin rasa ponsel ini lebih memiliki potensi ketimbang seri A9 (2020).
  • Samsung Galaxy Note10 Lite, Pendatang baru yang menawarkan fitur-fitur layaknya ponsel flagship (apalagi sudah dilengkapi dengan S-Pen). Sayangnya, untuk saat ini harga dari Galaxy Note10 Lite masih mahal, tapi buat kamu yang gak kesampaian beli Galaxy Note10 series, tampaknya Note10 Lite bisa jadi opsi yang menjanjikan.

Kalau kamu gimana, apa kamu punya rekomendasi ponsel lain? Silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.